June 28, 2022
Boleh Music
Musicology

0x0 Label Musik Metaverse Pertama Di Dunia Diluncurkan Di Taiwan

South Jakarta – Dengan dunia melompat ke kegilaan NFT (non-fungible token), Taiwantelah memimpin dengan peluncuran 0x0, label musik metaverse pertama di dunia. Dibuat oleh sekelompok penggemar musik, artis yang 0x0 mewakili ada dalam bentuk NFT karakter, mengeluarkan musik dan MV dengan karakter sebagai identitas mereka. Ini memaksimalkan potensi kepemilikan NFT, dan membuka jalan bagi kreator dan pemilik NFT untuk memanfaatkan sepenuhnya kekayaan intelektual di masa depan.

Artis Hip-Hop “Bored Ape”

Artis pertama yang diperkenalkan pada daftar 0x0 bakat Web3 adalah Medicine Man, “Bored Ape” dari koleksi BAYC (Bored Ape Yacht Club) yang dipublikasikan dengan baik. Spesialisasi dalam hip-hop modern, Medicine Man telah merilis single orisinal pertamanya ‘Hello Tokyo’, yang terinspirasi dari perjalanan pertamanya ke Tokyo sebagai musisi, di mana dia tinggal di kota selama sebulan untuk merasakan gaya hidup di sana. Dengan dirilisnya ‘Hello Tokyo’ ke semua platform streaming utama, 600 lagu NFT juga dicetak, mengumpulkan hampir 5 juta NTD (167.940 USD) dalam ETH dalam waktu singkat.

NFT “Hello Tokyo” disajikan dalam tiga format berbeda – vinyl, kaset, dan CD – masing-masing yang memiliki sampul unik yang menampilkan pemandangan, makanan, merek, atau selebritas berbeda dari Jepang. Mereka
masih tersedia untuk dibeli di pasar NFT OpenSea. Dalam sebuah wawancara dengan majalah gaya hidup tren Taiwan Juksy, Medicine Man mengakui hal itu situasi unik yang dia alami, sebagai artis metaverse pertama dengan identitas NFT. Namun, dia memprediksi bahwa ini bisa menjadi norma di masa depan.

“Mungkin dalam lima tahun, 20 hingga 30 persen artis di Spotify akan eksis sebagai karakter virtual!”

Dalam aksi lintas realitas lainnya, Juksy juga menyelenggarakan pemotretan kolaboratif dengan Medicine Man dan tiga label jalanan populer, JUST IN XX, DAMUR dan DYCTEAM. Berdasarkan hal ini, 0x0 juga telah membentuk supergrup metaverse “Medicine Man & A-Pop”,  Grup beranggotakan 21 orang yang terdiri dari 21 “Bored Ape” dengan kekayaan bersih gabungan hampir 200 juta NTD (6,7 juta USD)

Medicine Man & A-Pop akan berkolaborasi dengan penyanyi Taiwan-Australia Kimberley Chen bulan ini dengan single baru “Medicine Man”, menandai kedatangan pertama mereka ke Mandopop. Dalam musik video, Kimberley memainkan peran “Ape Wife”, muncul di layar dengan 21 “Bored Ape” kolaborator miliknya, dalam video musik lintas-realitas pertama dari jenisnya.

Band Cyberpunk Pertama Metaverse

Selain Medicine Man, 0x0 juga memperkenalkan grup artis keduanya, VOIZΞ, sebuah band cyberpunk terdiri dari vokalis Iggi Bob, drummer TH_ dan bassis Severus Vape, dan diwakili oleh  karakter mirip alien. Band ini telah merilis single pertama mereka “Degen”, serta video musiknya. Singlenya dirilis bersama 400 salinan NFT, yang juga tersedia untuk dibeli dalam format yang mirip dengan “Halo Tokyo” milik Medicine Man. Baru-baru ini, “Degen” terpilih sebagai semi finalis di Rome Music Video Awards 2022.

Label Metaverse Untuk Semua Orang

Ke depan, 0x0 terus mencari musisi baru dalam kancah metaverse. Mereka  sudah Pendaftar NFT dari seri “ZombieClub” yang populer untuk menjadi artis yang akan datang, dan  telah mencari untuk mendapatkan karakter lain dari seri NFT Taiwan “Elysium Shell”. Label 0x0 hadir sebagai DAO (decentralized autonomous organization) untuk memberikan lebih banyak kekuatan kepada penggemar. Setiap lagu NFT yang dirilis oleh label berfungsi sebagai token 0x0DAO, dan pemilik token ini adalah diakui sebagai pemangku kepentingan label.

Selain mendapatkan akses ke peluang keanggotaan eksklusif, mereka juga diberikan suara dalam label untuk memberikan saran dan proposisi, yang kemudian akan dipilih oleh anggota lain di komunitas, seperti apa nama artis baru, dan NFT mana yang akan ditandatangani di masa mendatang. 0x0DAO akan berfungsi sebagai dana untuk operasi label, masuk ke area seperti musik produksi, pengembangan artis, atau pembelian NFT dan real estate virtual lainnya. Pengembangan dibuat setelah anggota komunitas memilihnya, dan keuntungan apa pun dari  perkembangan dikembalikan ke dana, menguntungkan 0x0DAO secara keseluruhan.

Sebagai label yang terus berkembang, 0x0 bertujuan untuk membentuk kembali industri musik melalui konsep Web3, dan perkenalkan labelnya ke khalayak global.

Lebih jelas tentang 0x0DAO bisa dilihat di https://0x0.gg/

Related posts

Inilah Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020

Qenny Alyano

Simak Daftar Lengkap Pemenang iHeartRadio Music Awards 2020

Qenny Alyano

Shure Luncurkan Series Headphone Nirkabel Pertama, ‘AONIC 50 Wireless Noise Cancelling’

Qenny Alyano