December 6, 2022
Boleh Music
Gearsician

Milyarder Amerika Jim Irsay Menangkan Lelang Gitar Kurt Cobain

South Jakarta – Setelah dikabarkan akan dilelang beberapa waktu lalu, gitar yang dimainkan oleh mendiang vokalis band Nirvana, Kurt Cobain, dalam video untuk lagu hit Nirvana di tahun 1991 “Smells Like Teen Spirit”, dikabarkan telah terjual di  seharga $4.5 juta (sekitar Rp 66 milliar). Adalah milyarder pemilik klub football (Sepak bola Amerika) CEO Indianapolis Colts yang tergabung di liga NFL (The National Football League), Jim Irsay, yang berhasil memenangkan dan mendapatkan gitar ikonik tersebut.

Lelang yang dilakukan oleh Julien’s Auctions tersebut jauh melebihi perkiraan semula sebesar $600.000 (Rp8,7 miliar). Gitar tersebut akhirnya diakuisisi oleh The Jim Irsay Collection di Indianapolis dalam perang penawaran antara kolektor dan penawar di seluruh dunia yang berpartisipasi secara langsung di Hard Rock Cafe New York, online di juliensauctions.com dan juga melalui telepon. Untuk menghormati Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, keluarga Kurt Cobain menyumbangkan sebagian dari hasil lelang gitar tersebut.

Dalam keterangannya, Jim Irsay, mengungkapkan, “Saya senang untuk melestarikan dan melindungi bagian lain dari budaya Amerika yang mengubah cara kita memandang dunia. Fakta bahwa sebagian dari hasil akan digunakan untuk upaya kami untuk menghilangkan stigma seputar kesehatan mental membuat akuisisi ini semakin istimewa bagi saya.”

Sementara Darren Julien, presiden/chief executive officer Julien’s Auctions yang berasal dari Auburn, Indiana, menjelaskan, “Untuk memiliki gitar legendaris ini, salah satu gitar Kurt Cobain yang paling signifikan secara budaya dan sejarah dan dalam semua sejarah musik rock, kembali ke negara bagian asal saya di Indiana untuk menjadi bagian dari koleksi memorabilia Jim Irsay yang terkenal adalah suatu kehormatan besar dan sorotan pribadi. dalam hidup saya. Lelang sekali seumur hidup ini telah menjadi salah satu hak istimewa terbesar dalam karir profesional saya dan saya sangat senang bahwa hasilnya juga akan membawa perhatian yang sangat dibutuhkan untuk kesadaran kesehatan mental.”

Kurt Cobain menganggap gitar Fender Mustang 1969, gitar kidal dalam warna biru Competition Lake Placid dengan headstock yang cocok sebagai salah satu gitar favoritnya dan mengatakan dalam wawancara terakhirnya dengan Guitar World: “Saya kidal, dan itu tidak terlalu mudah untuk menemukan gitar kidal berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Tapi dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favorit saya. Saya hanya memiliki dua di antaranya.” Gitar ini juga digunakan di studio rekaman selama sesi rekaman “Nevermind” dan “In Utero”, serta berbagai pertunjukan live terkemuka. Itu ditampilkan secara mencolok di Proyek Musik Pengalaman Seattle, sekarang bernama Museum Budaya Pop MoPOP, dan difoto dan dipilih untuk The Guitar Collection yang bergengsi.

Related posts

Richie Kotzen Rilis Single Solo “Raise The Cain” Bareng Mike Portnoy

Qenny Alyano

Alan White Drummer Band Yes Tutup Usia

Qenny Alyano

Paul Gilbert Siap Rilis Album Baru Lepas MV “Argument About Pie”

Qenny Alyano