October 2, 2022
Boleh Music
Musicology

TRUST Orchestra Luncurkan Album Live Recording ‘HARI INI INDAH’

South Jakarta – Sebuah persembahan istimewa berupa album musik Simfoni orkestra resmi diluncurkan Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST). Album simfoni orkestra berjudul “HARI INI INDAH” ini resmi diluncurkan hari ini dalam platform digital. Album ini juga merupakan album symphonic perdana bagi Trinity Optima Production, yang merupakan payung label dari TRUST. Rekaman album yang dilakukan secara live oleh (youth) orchestra dalam skala sebesar ini juga menjadi sesuatu yang pertama di Indonesia.

“Melalui album “HARI INI INDAH” ini, kami memberikan kesempatan kepada bibit-bibit muda yang selama ini belum banyak terekspos,” tutur Yonathan Nugroho selaku CEO Trinity Optima Production. Ia juga menegaskan dari segi industri, diperlukan untuk lebih mengeksplorasi proyek rekaman orkestra yang memang jarang dilakukan di Indonesia.

Dipimpin oleh Nathania Karina (Nia), sebagai Konduktor dan Music Director, Nia adalah seorang wanita muda bergelar Doctor of Musical Arts dan Master of Music dalam bidang pertunjukan piano dan pendidikan musik dari University of Melbourne. Sebagai sebuah grup orkestra muda, TRUST memiliki ciri khas repertoar musik orkestra yang variatif dan unik, hingga menghadirkan konsep yang segar. Mulai dari genre jazz, pop, rock dan musik folk, jauh kesan kaku, dimana orkestra kebanyakan hanya membawakan musik-musik klasik. Peraih Gold Medal World Orchestra Festival 2019 di Vienna ini juga pernah tampil sebagai home orchestra untuk acara-acara musik bergengsi, group ini juga pernah tampil di hadapan Presiden Joko Widodo. TRUST juga merupakan pencetus Indonesia Orchestra & Ensemble, festival orkestra dan ensemble pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dengan menghadirkan penampilan berbagai musisi orkestra mancanegara. Kini TRUST meluncurkan album musik orkestra perdananya “HARI INI INDAH”, sebuah proyek album live recording pertama TRUST Orchestra.

Artwork album ‘HARI INI INDAH’ – TRUST (Trinity Youth Symphony Orchestra)

“Lewat persembahan album ini, TRUST berharap dapat meninggalkan legacy bagi generasi muda serta menciptakan sejarah bagi musik orkestra di Indonesia, dengan menunjukkan kemampuan melakukan rekaman dalam skala besar, mengeksplorasi berbagai genre dan memaksimalkan talenta lokal.” ucap Nia.

Single perdana “HARI INI INDAH” yang ditulis dan dimainkan oleh TRUST Orchestra ini akan hadir dalam dua genre musik; genre Pop dan genre Simfoni Orchestra. Album ini juga menghadirkan 5 lagu pop populer Indonesia yang diaransemen ulang dalam versi orkestra oleh beberapa arranger Indonesia dengan berbagai style yang menunjukkan kepiawaian TRUST sebagai sebuah orchestra dalam menampilkan ragam rasa dalam karya aransemen mereka. Seluruh lagu yang dipilih dalam album “HARI INI INDAH” ini memiliki nilai positif dan berharap dapat memberikan harapan dan membagikan semangat. Everyone deserves a beautiful day!

Lewat persembahan album musik “HARI INI INDAH”, TRUST ingin menunjukkan bahwa orkestra tidak hanya memainkan lagu klasik, tapi bisa juga ditampilkan secara kasual, menyenangkan, dan tidak “eksklusif”. Album ini mengandung makna penting dari positivity, family & the power of young people, dengan harapan album ini dapat  menjadi penyemangat bagi orkestra komunitas lain di Indonesia dan menjadi salah satu tolak ukur untuk industri musik khususnya di bidang orkestra yang sekarang ini lebih banyak didominasi orkestra Eropa Timur dan China.

Proses rekaman yang dilakukan pada saat pandemi pun seolah memberikan pesan penting untuk tidak “tertidur” dan tetap produktif bahkan di masa sulit. Terwujudnya album musik ini adalah pembuktian sebuah perjuangan menghadapi berbagai kendala, khususnya dalam melakukan rekaman orkestra skala besar. Kendala. fasilitas studio, peralatan hingga manajemen SDM ini kemudian dapat berbuah manis dengan terciptanya album orkestra “HARI INI INDAH.” Satu hal yang menjadi catatan penting adalah, perlu ada yang bergerak, memulai untuk menjadi pionir, sebagai bahan pelajaran dan pengalaman bagi semua pihak. Bravo Musik Indonesia

AlBUM TRACK “HARI INI INDAH”

 

Executive Producer     : Yonathan Nugroho (Trinity Optima Production)
Music Director            : Dr. Nathania Karina
Recording Director     : Christofer Tjandra
Editor                          : Christofer Tjandra & Danezh
Mixing                         : Eko Sulistyo
Mastering                    : Dimas Pradipta

All tracks performed by Trinity Youth Symphony Orchestra
Conducted by Dr. Nathania Karina

Laskar Pelangi
Original Song by Nidji
Arrangement by Peter Jonatan

Hari Ini Indah (POP Version)
Music by Christofer Tjandra
Lyrics by Christofer Tjandra & Rasendria Naura
Arrangement by Ryan Hadiutomo
Vocal by Rasendria Naura

Harta Berharga
Original Song by Arswendo Atmowiloto & Harry Tjahjono
Arrangement by Ivan Tangkulung

Perahu Kertas
Original Song by Dewi Lestari
Arrangement by Nathania Karina & Christofer Tjandra
Vocal by Pepita Salim

Jangan Menyerah
Original Song by Rian Ekky Pradipta
Arrangement by Glen Dauna
Vocal by Nesia Ardi

Mengejar Matahari
Original Song by Ari Lasso & Andi Rianto
Arrangement by Peter Jonatan
Vocal by Kevin Lim

Hari Ini Indah (Symphonic Version)
Music by Christofer Tjandra
Lyrics by Christofer Tjandra & Rasendria Naura
Arrangement by Peter Jonatan
Vocal by Angela July & TRUST Chorus

TRINITY YOUTH SYMPHONY ORCHESTRA PROFIL:

Trinity Youth Symphony Orchestra (TRUST) merupakan sebuah yayasan non-profit di bawah naungan Trinity Optima Production sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. TRUST dipimpin oleh Dr. Nathania Karina sebagai direktur musik dan konduktor.

TRUST diundang tampil di Istana Negara pada Agustus 2019 sebagai salah satu talenta inspirasi anak muda dalam acara Talenta Muda Bhinneka Tunggal Ika untuk Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo. Pada Juni 2017, TRUST mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama Malaysian Philharmonic Youth Orchestra di bawah bimbingan Malaysian Philharmonic Orchestra. Selain itu, TRUST juga pernah diundang pada acara Hari Ulang Tahun Jakarta pada tahun 2017 di Balai Kota Jakarta di bawah naungan Gubernur Jakarta saat itu—Bapak Djarot Saiful Hidayat. TRUST juga pernah memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan Siero Chamber Orchestra dari Spanyol.

Sejak pendiriannya pada Oktober 2013, TRUST telah tampil secara rutin di berbagai panggung acara—baik nasional maupun internasional—termasuk World Orchestra Festival di Vienna pada tahun 2019 (Gold Medal), World Orchestra Festival edisi virtual pada tahun 2021 (Silver Medal), dan Australian International Music Festival di Sydney Opera House pada tahun 2015 (Silver Medal). Selain itu, TRUST juga dikenal sebagai tuan rumah untuk festival orkestra dan ansambel tahunan terbesar se-Asia Tenggara, Indonesia Orchestra & Ensemble Festival. TRUST juga pernah tampil pada dua festival lainnya, yaitu Festival Film Indonesia 2015 dan proyek spesial International Java Jazz Festival pada tahun yang sama.

Berbeda dengan orkestra lainnya yang biasanya memainkan repertoar klasik, TRUST dikenal menawarkan program yang cenderung unik dan segar. Repertoar yang TRUST mainkan bervariasi dari lagu jazz, pop, rock, hingga lagu daerah—ditampilkan setidaknya pada tiga konser publik setiap tahunnya. Saat ini, TRUST memiliki lebih dari 150 anggota yang terdiri atas talenta-talenta muda terbaik Jakarta usia 10-35 tahun. TRUST berkomitmen untuk menciptakan lingkungan intensif sekaligus menyenangkan untuk menjadi wadah bagi musisi-musisi muda untuk belajar dan meningkatkan apresiasi terhadap musik, sekaligus membuka jalan masuk mereka ke dalam industri musik. Setiap anggota TRUST didorong untuk meningkatkan kemampuannya sesuai potensi maksimum mereka.

“HARI INI INDAH” adalah proyek album live recording pertama TRUST Orchestra. Proyek ini didukung oleh para musisi dan pengaransemen musik terbaik di Indonesia. TRUST mengharapkan album ini untuk dapat membawa pesan-pesan positif bagi musisi-musisi muda, serta menjadi benchmark/inspirasi baru bagi komunitas-komunitas orkestra lainnya di Indonesia.

(SPR)

Related posts

Tri Suaka Jadi ‘JOOX Artist of The Month’ Bulan Kasih Sayang

Qenny Alyano

Perjuangan Pengakuan Musisi Iran Lewat Album Kompilasi ‘HOMANITY’

Qenny Alyano

Inilah 20 Lagu Natal Terlaris Sepanjang Masa

Qenny Alyano