June 6, 2023
Boleh Music
Event & Community

Musisi Fiko Nainggolan Hadirkan Talenta Baru Lewat ‘Tebar Pesona’

South Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan oleh musisi atau band untuk memperkenalkan karya-karya mereka. Salah satunya adalah melalui pertunjukan live atau showcase yang digelar secara rutin oleh event organizer maupun perorangan penggiat musik. Hal tersebut juga yang dilakukan oleh musisi dan solois Feriko Nainggolan yang akrab dipanggil  Fiko lewat gig ‘Tebar Pesona’. ‘Tebar Pesona’ merupakan event live musik yang digelar oleh Fiko Nainggolan bersama tim yang mempunyai tujuan memberikan wadah bagi-bagi musisi dan talenta baru untuk bisa menampilkan karya mereka.

Memasuki gelaran yang kelima, ‘Tebar Pesona’ kali ini mengambil tempat di Yesterday Backyard di bilangan Cipete, Jakarta Selatan. Berlangsung pada hari Minggu, 19 Juni 2022, gelaran ‘Tebar Pesona’ kali menampillkan 3 grup musik tanah air berbeda genre yaitu The Simple Music, Yefta dan Teman Tidur dan Inoya House. Cukup membayar  FDC (First Drink Charge) sebesar Rp 50 ribu, penonton sudah bisa menikmati suguhan musik dari ketiga musisi di atas. Bertindak sebagai host di acara kali ini adalah sang tuan rumah, Fiko Nainggolan bersama dengan Andre Jege.

‘Tebar Pesona’ kali ini dibuka dengan penampilan Fiko membawakan  lagu lawas Ismail Marzuki, “Juwita Malam” dan karya sendiri, “Debar Asmara” yang ditampilkan secara akustik. Inoya House menjadi suguhan pertama ‘Tebar Pesona Volume 5’ yang kali ini tampil dengan vokalis baru, Adel. Inoya House tampil pecaraya diri membawakan beberapa karya mereka termasuk “Kita Tumbuh Karena Terbiasa” dan “Berulang Asa”. Grup musik yang mengusung musik indie pop ini tampil cukup menghibur para penonton yang datang meskipun tak bisa dipungkiri sang vokalis masih agak gugup dalam penampilan perdana bersama Inoya House.

The Simple Music ( foto : QB )

 

Yefta dan Teman Tidur ( foto : QB )

 

Inoya House ( foto : QB )

Usai Inoya House, giliran band asal Bandung, Yefta dan Teman Tidur yang mengambil alih panggung. Mengusung musik dengan nuansa rock alternative, Yefta dan Teman Tidur, yang pernah tampil di event ‘Java Jazz 2022’ lalu membawakan karya-karya mereka seperti “Just Wait”, “Bahagia” dan “Stasiun Rindu”. Satu nomor cover dari David Cook. “Always Be My Baby” juga dilantunkan di penampilan mereka kali ini. Memang sang vokalis Yefta mempunyai karakter vokal yang mengingatkan band seperti Lifehouse dan Daughtry.

‘Tebar Pesona’ kali ini ditutup dengan penampilan grup musik The Simple Music yang mengusung musik rock n’roll retro tahun 60-70-an. Beberapa karya mereka “Lost Boy”, “Selektif” dan satu lagu mellow “Romantic Phobia”. Tak lupa satu lagu lawas The Beatles, “I Want To Hold Your Hands” yang kali ini berduet dengan sang empu acara, Fiko Nainggolan. Ditemui sebelum acara, Fiko menjelaskan tentang konsep acara dari ‘Tebar Pesona’,

“Tebar Pesona itu sih inisiasi dari gue untuk bikin wadah, teman-teman musisi circle gue lah, yang terdekat dulu untuk menebarkan pesonanya alias mempromokan lagu-lagunya sih. Konsep gue tuh kenalkan semua genre, gak hanya pop. Ada jazz, reggae, ada psychadelic. Tujuannya untuk memberitahu kepada masyarakat umum bahwa musik tuh gak itu-itu doang, gak kayak di industri doang. Genre kan udah berbaur ya, begitu juga dengan musisinya yang fresh dan potensial dan unik-unik. Intinya semua genre musik bisa masuk sini.”

“Tebar Pesona sekarang dibikin reguler 2 minggu sekali. Awalnya tuh niatnya pengen bikin acara pas Ramadhan, jadi sambil ngabuburit ada live music, eh gak tahunya antusiasnya lumayan, banyak mau main, jadi ya bikin terus aja. Beberapa musisi seperti Mikha Angelo juga follow Tebar Pesona. Jadi kita saling support aja, saling kenal sesama line upnya bisa kolaborasi.” tambah Fiko.

Meskipun demikian, Fiko juga tetap tidak melupakan untuk tetap berkarya di musik, “Saya ada rilisan lagi nih, rencananya bulan depan single ketiga, mungkin bisa tampil juga di ‘Tebar Pesona’, semuanya kan udah ada yang ngatur, saya juga sadar bisa terus berjalan sampai sekarang, semoga acaranya terus sih. Rencananya nanti ada guest starnya juga. Mudah-mudahan,” tutup Fiko.

Related posts

‘Oasis Nite’ Ketika Hard Rock Cafe Jakarta Berubah Jadi Kota Manchester

Qenny Alyano

‘FLAVS Virtual Festival’ Digelar Agustus 2020 Siap Menjadi ‘The Biggest Hip Hop, Soul, R&B Virtual Festival in Indonesia’

Qenny Alyano

Berlangsung 3 Hari Non Stop NENO FEST Hadirkan Deretan Musisi Papan Atas

Qenny Alyano