June 28, 2022
Boleh Music
Event & Community

Festival Harmoni Indonesia Hadirkan Seni Budaya 34 Provinsi DI TMII

South Jakarta – Di era milenial sekarang ini dimana akses untuk memperoleh informasi begitu mudah, begitu pula untuk mendapatkan berbagai berita hoak dan mengandung hate speech. Hal tersebut tentunya bisa mengganggu dan bahkan merusak kerharmonisan persatuan dalam berbagai sektor kehidupan yang telah terbentuk selama ratusan tahun.  Indonesia yang mempunyai berbagai budaya berbeda harus tetap bersatu dengan harmoni dan menjadikan hal tersebut  sebagai kekayaan dan kekuatan bangsa.

Hal tersebut juga yang menjadi perhatian dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan harmonis.  Melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum), Kemendagri  berkolaborasi dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan  menyelenggarakan ‘Festival Harmoni Indonesia’ yang menghadirkan berbagai pagelaran seni dan budaya yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia. ‘Festival Harmoni Indonesia’ akan digelar pada 28 dan 29 Oktober 2022 mendatang atau bertepatan dengan puncak peringatan hari Sumpah Pemuda dan mengambil tempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

‘Festival Harmoni Indonesia’ akan menghadirkan beragam seni dan budaya yang ada Indonesia mulai dari musik, tari atau seni pertunjukan, kuliner, hingga film. Dalam acara konferensi pers peluncuran ‘Festival Harmoni Indonesia’ yang berlangsung pada hari Rabu (22/6) di bilangan Jakarta Selatan, Dr.Drs. La Ode Ahmad selaku Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri La Ode Ahmad mengungkapkan,

“Festival ini berangkat dari refleksi kebhinnekaan serta kekayaan dan keragaman seni-budaya bangsa yang dimiliki Indonesia. Kata ‘harmoni’ sendiri juga merujuk pada tujuan yang hendak dicapai dari penyelenggaraan festival. Ini adalah sebuah upaya kecil karena kita mungkin tidak bisa melakukan hal-hal yang besar, tapi kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang besar. Artinya, dengan festival ini akan mewujudkan dari harmoni Indonesia menuju harmoni dunia yang kita dambakan.”

Pemotongan dan penyerahan tumpeng secara simbolik peresmian Festival Harmoni Indonesia ( foto QB )

 

Konferensi pers ‘Festival Harmoni Indonesia’ ( foto : Dedy Yondra )

 

Sementara Direktur Eksekutif TMII, Emilia Eni Utara juga menjelaskan tentang TMII sebagai lokasi kegiatan acara, “Terima Kasih sekali dengan Kementrian Dalam Negeri yang sudah memberikan kesempatan dan tempat untuk Taman Mini untuk tempat diselenggarakannya Festival Harmoni Indonesia, dan menurut kami sangat cocok karena kita bisa menampilkan 34 provinsi di kawasan Taman Mini. Peranan kami dalam kegiatan ini kita bisa mempersembahkan kegiatan-kegiatan baik yang ada dalam anjungan maupun di kawasan kami sendiri. Rencananya kami akan melakukan re-opening di awal bulan Oktober sekaligus kita akan melakukan kegiatan pameran untuk G-20. Kita siap membantu dan mendukung Festival Harmoni Indonesia.”

Mengenai detail rangkaian acara ‘Festival Harmoni Indonesia’, Rizky Aulia atau dikenal dengan Kiky ‘Ucup’ dari BOSS Creator mengungkapkan, “Awalnya kita mau bikin satu aktivitas yang bisa menjadi kolaborasi, jadi apa yang bisa dilakukan dengan instansi negara dan fasilitas yang bisa disediakan negara. Kita terbayang jadi satu festival yang bisa mengcapture banyak hal. Kita bikin dari satu kolaborasi sosial kan bentuknya harmoni, keharmonisan yang mau kita tampilkan di sini. Kami melihat Taman Mini adalah ‘one stop entertainment’, kalau kita bertanya mana ya tempat yang merepresentasikan Indonesia, Taman Mini adalah jawaban dari semua itu. Bisa menjadi tempat diberlakukannya berbagai festival dan Taman Mini punya fasilitasnya semua. Taman Mini juga punya unsur nostalgia dimana Taman Mini menjadi lambang kebahagiaan saat masa kecil. Lewat Festival Harmoni ini akan ada musik setiap harinya ada 34 penampil, ada 34 tarian dari 34 daerah, 34 jenis kuliner, 34 film yang mewakili setiap daerah. Mungkin bisa dibilang belum pernah ada yang menspotlight semuanya menjadi sebuah festival.”

Acara konferensi pers ‘Festival Harmoni Indonesia’ ditutup dengan penampilan dari Diskopantera yang membawakan lagu-lagu daerah dengan versi remix. Untuk lineup lengkap dan jadwal acara dari ‘Festival Harmoni Indonesia akan diumumkan dalam waktu dekat.

Diskopantera ( foto : QB )

Related posts

LaLaLa Festival Kembali Digelar April 2020

Qenny Alyano

Animeland Digelar Virtual Hadirkan Keseruan Pop Culture Jepang

Qenny Alyano

Gaet Komunitas Denny Frust Sambangi 9 Kota di Timur Indonesia

Qenny Alyano