August 20, 2022
Boleh Music
Musicology

NagaDigit Hadirkan Ekosistem Industri Musik Baru Bertema ‘Music For The Future’

South Jakarta – Kabar gembira untuk anda musisi, penyanyi maupun content creator yang sering berkecimpung di dunia digital visual dan sering menggunakan musik atau lagu dalam berkarya membuat content.  Nagaswara, sebagai Major Label yang mengukuhkan dirinya dengan sebutan Big Indie memiliki visi dan misi memajukan kreatifitas karya-karya musisi, seperti pencipta lagu, penyanyi dan aranger yang berada dalam naungannya meluncurkan konsep kolaborasi bekerjasama dengan Pragita Prabawa Pustaka dan Cerdas Solusi Indonesia, dengan meluncurkan produk terbaru yang diberi nama, NagaDigit atau Nagaswara Digital.

Nagaswara sebagai pemilik Content-ID dan Publisher di Indonesia bekerjasama dengan Pragita Prabawa Pustaka sebagai salah satu Publisher di Indonesia yang memiliki kekuatan sebagai memegang lisensi dari beberapa komposer  seperti Denny Caknan, Trisuaka, NdarBoy Genk, Happy Asmara, dan lain-lain, menggagas dan menawarkan  suatu konsep layanan digital yang mempermudah pengelolaan berbentuk layanan Multi Channel Network. Langkah ini kemudian diaktualisasikan kedalam sebuah sistem dengan menggandeng perusahaan teknologi Cerdas Solusi Indonesia (CSI) sebagai sebuah perusahaan IT yang yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek pemerintahan seperti dengan Direktorat Perpajakan, BPJS Kesehatan, PERURI, KAI dan lain-lain.

NagaDigit sendiri berfungsi sebagai jaringan Multi Channel Network yaitu penyedia layanan pihak ketiga yang berafiliasi dengan sejumlah channel YouTube untuk menawarkan layanan seperti pengembangan penonton, pemograman konten, kolaborasi kreator, managemen hak digital, monotisasi, dan/penjualan. Semua channel yang merupakan bagian dari Nagadigit juga harus ditinjau dan mengikuti kebijakan monetisasi YouTube.

Dalam acara konferensi pers peluncuran Multi Channel Network NagaDigit yang berlangsung pada hari Jumat, 24 Juni 2022 di Hotel Yello, Jakarta, salah artis yang merasakan manfaat dari NagaDigit adalah penyanyi dangdut Fitri Carlina yang mengungkapkan, “Sangat puas, karena content yang saya buat diedit dan dioptimize dan monetize oleh tim yang sangat-sangat profesional di bidangnya. Alhamdulillah selama setahun ini, YouTube channelku sangat berkembang dari yang awalnya 10 ribu (subcriber) akhirnya sekarang udah mencapat 162 ribu. Dengan saya bergabung dengan Nagadigit itu juga viewernya bukan hanya dari Indonesia, tapi dari Amerika juga, karena dari situ membuka peluang saya untuk mengembangkan karir di Amerika, Jadi hasil dari NagaDigit luar biasa banget, ayo bergabung bersama-sama.”

Sementara Mita ‘The Virgin’ juga mengungkapkan manfaat dari NagaDigit, “Dengan adanya wadah di NagaDigit ini, semua musisi cover atau musisi yang pengen rilis lagu original juga dan mempunyai channel YouTube sendiri, itu sangat terbantu.”

Konferensi pers peluncuran NagaDIgit di bilangan Manggarai, Jakarta Selatan ( foto : istimewa )

 

Fitri Carlina dan Mita ‘The Virgin’ ( foto ) Gunawan Giok

 NagaDigit juga mempunyai keuntungan diantaranya :

– Channel yang bergabung mendapatkan perlindungan para reuploader
– Pengiriman aset / konten yang lebih mudah
-Mendapatkan akses ke lagu-lagu yang berada dalam naungan Nagaswara Publisherindo Musik dan publisher lainnya, yang tergabung di Festival Suara
-Transparasi penghasilan dipermudah dengan diberikan akses personal dashboard, analitik, reporting, dan payment.
-Optimasi Channel yang dilakukan dengan cross promo antar channel yang tergabung di Nagadigit, share komunitas dan pengelolaan aset.
-Memungkinkan pemilik channel untuk mendapatkan pembayaran walaupun belum mencapai batas minimum $100 layaknya yang diterapkan oleh Google Adsense. (minimal Rp 100 ribu).
-Diskusi dan konsultasi mengenai materi yang berpotensi trending dan diminati.

Sementara syarat untuk bergabung dengan Nagadigit cukup mudah, yaitu :

-Menandatangani kerjasama Nagadigit
– Channel tidak dalam kondisi di strike dan didemotisasi oleh YouTube
-Channel tidak menggunakan konten konten yang belum ada ijin dan bebas dari copyright (Conten Clearance)
-Channel sudah termonetisasi
-Channel dalam keadaan aktif minimal menghasilkan 2-3 konten dalam seminggu
-Channel mematuhi peraturan Nagadigit dengan tidak mengupload konten yang berisi politik memihak, pornografi, rasisme, dan pelanggaran Sara.

Untuk syarat pendaftaran Nagadigit adalah sebagai berikut

  1. Mengirimkan email pendaftaran ke email join@nagadigit.com dan joinnagadigit@gmail.com dengan persyaratan sbb:
  2. Mengirimkan info Channel berupa link YouTube dan akses ke channel untuk proses verifikasi. Dan apabila memenuhi syarat akan mendapatkan email balasan dan untuk selanjutnya akan diteruskan ke langkah selanjutnya.
  3. Memberikan data yang dibutuhkan untuk proses pembuatan kontak seperti, KTP, NPWP , No Rekening Bank, Email dan No HP

NagaDigit hadir mengusung tema “Music For The Future” dengan harapan dapat membentuk ekosistem industri musik baru yang inovatif, kreatif dan fair dari sisi pembagian hasil kepada pemilik konten, pencipta lagu, publisher, label dan semua yang terlibat.

Lebih lengkap tentang NagaDigit bisa dilihat di http://nagadigit.com/

Related posts

Ultah Ke-20 Tahun Gorillaz Luncurkan Koleksi Clothing Line Baru

Boleh Music

Mendiang January Christy Rilis Album ‘Unreleased Tracks From 1985’ Dalam Bentuk Vinyl

Qenny Alyano

Begini Reaksi Anak-Anak Sekarang Tentang Band Metallica

Angga Foster