August 20, 2022
Boleh Music
What's New

Bilal Indrajaya Lepas Single “Saujana” Bersama Akasara Records

South Jakarta – Bilal Indrajaya telah merilis single terbaru berjudul “Saujana” dibawah naungan Aksara Records, label ikonik asal Jakarta yang baru saja kembali beroperasi setelah vakum lebih dari 12 tahun dan belum lama ini merilis album milik musisi tanah air yaitu Ardhito Pramono, “Wijayakusuma”. “Saujana” yang artinya sejauh mata memandang, bercerita soal perpisahan terlalu dini, menyoroti soal hubungan persahabatan yang karena sebuah alasan secara tiba-tiba harus berpisah.

Diproduseri oleh musisi dan penulis lagu Vega Antares dandi co-produseri oleh Kurosuke (Christianto Ario). Dalam proses penggarapan lagu ini, Bilal sangat intens mendengarkan penyanyi pop Indonesia 80an dan Utha Likumahuwa menjadi sosok inspirasi terbesarnya dalam menulis “Saujana”.

Bilal Indrajaya, 26 tahun, penyanyi/penulis lagu asal Jakarta ini sebelumnya telah merilis dua singel “Biar” (2018) dan “Ruang Kecil” (2019) serta satu album mini ‘Purnama’ (2019) yang berisi enam lagu.

Sebelumnya tahun ini Bilal merilis singel pertama bernuansa pop kreatif 80an, “Niscaya” yang diproduseri oleh Laleilmanino. Diakuinya sebagai musisi yang sangat melek sejarah musik pertiap dekade ia menyadari kalau dirinya melewatkan era musik pop kreatif Indonesia 80an. Maka itu rilisan keduanya, “Saujana” ini masih memiliki nuansa pop kreatif 80-an yang groovy dengan tempo medium dan ketukan yang joget-able tipis.

Artwork single “Saujana” – Bilal Indrajaya foto : istimewa )

 

“Gue dengerin banget musik era 50an, 60an, 70an, 90an serta 2010an. Tapi tanpa sadar gue skip satu era yaitu 80an. Gue ga pernah sentuh sama sekali. Dan baru kesentuh saat gue ngegarap “Niscaya”. Makanya di singel ini nuansa 80annya masih kerasa banget”

“Saujana” yang artinya sejauh mata memandang, bercerita soal perpisahan terlalu dini. Spesifiknya menyoroti soal hubungan persahabatan/pertemanan. Yang karena sebuah alasan secara tiba-tiba harus berpisah. Kali ini diproduseri oleh musisi/penulis lagu Vega Antares dandi co-produseri oleh Kurosuke (Christianto Ario). Diakunya lagi saat menggarap lagu ini, Bilal sangat intens mendengarkan penyanyi pop Indonesia 80-an, Utha Likumahuwa yang menjadi inspirasi terbesarnya dalam menulis “Saujana”.

Setelah berusaha keluar dari area nyaman dengan bereksplorasi di pop 80an, lantas apa imaji yang ingin dicapai Bilal sebagai penyanyi yang sebelumnya identik dengan The Beatles, Dewa19 dan Sore ini. Apa dengan keluar dari zona nyamanya ini lantas Bilal sepenuhnya berpaling dari musiknya, dan meninggalkan musik dengan pengaruh-pengaruh sebelumnya yang telah membentuknya, dan membawanya ke sini? Jawabannya ada di album penuh perdannya nanti. Yang dijanjikannya akan ada beragam mood, termaksud mood Bilal Indrajaya sebagai penyanyi pop yang sudah kita akrabi saat ini.

(SPR)

Related posts

Siap Rilis Album Baru Lamb of God Luncurkan Single “Checkmate”

Qenny Alyano

Slash Ft. Myles Kennedy & The Conspirators Rilis Album Keempat

Qenny Alyano

mxmtoon Rilis EP ‘True Colors’ Untuk Video Game

Qenny Alyano