August 20, 2022
Boleh Music
Event & Community

Silahturahmi Kebangsaan Lewat Konser ‘7 Presiden, 77 Tahun Bangsa Indonesia Merdeka’

South Jakarta – Tidak terasa di bulan Agustus ini, Republik Indonesia akan memasuki hari jadinya yang ke-77. Selama perjalanannya, Indonesia juga telah dipimpin oleh 7 orang presiden yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Nama-nama besar yang pernah memimpin bangsa Indonesia sejak proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 adalah Soekarno, Soeharto, B.J Habibie, Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi). Angka 7 mempunyai arti penting dalam peringatan kemerdekaan Indonesia di tahun 2022 ini.

Ulang tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun ini, dirasa memiliki nilai historis yang cukup magis karena bertepatan dengan 77 tahun Indonesia merdeka dan bertepatan 7 presiden yang menjabat. Atas semangat kebangsaan, para penggiat seni dan budaya berinisiatif mewarnai momen tersebut dengan menggelar konser musik bertajuk, “7 Presiden, 77 Tahun Bangsa Indonesia Merdeka”. Konser bersama yang juga akan mengundang 7 keluarga Presiden ini akan dihelat pada 12 Agustus 2022 di Assembly Hall Jakarta Convention Centre.

Dalam keterangannya saat konferensi pers yang berlangsung pada hari Kamis (5/8) di kantor Deteksi Production di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta, Harry ‘Koko’ Santoso (Founder Deteksi Production) mengungkapkan,

“Momen ini sangat luar biasa, semoga menjadi berkah untuk bangsa Indonesia kedepannya.  Untuk itu kami mengadakan acara konser musik dan budaya guna menghormati dan menghargai ke 7 Presiden, dimana nantinya akan ditampilkan musik dan budaya yang melekat dengan era masing-masing presiden. Setiap Presiden mempunyai kedekatan dengan musik dan seni entah itu menciptakan lagu, puisi ataupun Tonil kita akan memutar kembali karya karya ataupun lagu kesukaan para Presiden dan meramunya menjadi sebuah konser yang memotret jejak langkah para pemimpin bangsa tersebut. Mudah-mudahan ini bisa menjawab banyak hal di negeri ini yang dikhawatirkan penerus bangsa ini seperti menjadi tidak berdaulat lagi terutama dari sisi budaya.

Konferensi pers “7 Presiden, 77 Tahun Bangsa Indonesia Merdeka” di kantor Deteksi, Jakarta ( foto :QB )

 

Foto bersama panitia dan penggagas “7 Presiden, 77 Tahun Bangsa Indonesia Merdeka” ( foto : QB )

Sementara Kris Budihardjo selaku pembina acara mengatakan bahwa penyelenggara  acara ingin mengundang dan mendatangkan keluarga dari 7 presiden sehingga mereka dapat saling bersosialisasi dan bergandengan tangan nantiya  diatas panggung

“Semua Presiden PASTI punya KEKURANGAN dan KELEBIHAN tetapi mari kita sama-sama melihat kebaikan dan karya mereka yg luar biasa sehingga Indonesia masih tetap berdiri kokoh sampai usia ke 77 tahun ini,Mari kita sama2 bergandengan tangan untuk masa depan bangsa yg lebih baik” ujarnya.

Rencananya acara ini akan dipandu oleh cucu dari Jendral A.H Nasution, Marina Nasution yang dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, “Bersama teman-teman media malam ini disini saya sangat kangen dengan masa-masa bersama Opa dulu, karena Opa adalah sahabat dari teman-teman media. Setiap ada Opa pasti ada media saat itu. Saya sebagai generasi sebelum sekarang, masih mendapatkan sejarah dari sekolah. Saya berharap ke depannya generasi penerus juga bisa mengenal para pahlawan pendahulunya.”

Konsep acara “7 Presiden, 77 Tahun Bangsa Indonesia Merdeka”, rencananya juga akan menghadirkan beberapa musisi di antaranya adalah Mia Ismi, Woro Mustiko, Berto Pah dan Ain’t She Sweet. Para pengisi acara akan membawakan lagu-lagu mulai dari masa presiden pertama sampai presiden ketujuh. Sebagai contoh adalah band Ain’t She Sweet yang akan membawakan lagu-lagu dari komposer Ismail Marzuki. Dalam kesempatan tersebut, Dresta, vokalis Ain’t She Sweet menjelaskan,

“Kalau denger tema acaranya tadi kita senang menjadi bagian menjalin tali silahturahmi keluarga Presiden. Nanti sedikit bocoran mau bawain lagu-lagu karya Ismail Marzuki karena kita suka banget.”.

Ain’t She Sweet ( foto : QB )

Related posts

Rilis EP Baru Ayom Satria Gelar Mini Konser Di Mall

Qenny Alyano

Begini Keseruan Konser ‘Noah x Yovie And His Friends 10 Years of Brilliant Show’

Boleh Music

Dewa 19 Gelar Konser Bareng Once Mekel, Tyo Nugros Dan Second Born Oktober 2019

Qenny Alyano