January 31, 2023
Boleh Music
What's New

Ramengvrl Kolaborasi Dengan Yung Raja Hadirkan “MING LING”

South Jakarta – Salah satu rapper terpopuler Indonesia saat ini, RAMENGVRL, hari ini merilis lagu kolaborasinya dengan rapper papan atas Singapura, Yung Raja, berjudul “MING LING”. Lagu ini merupakan kolaborasi yang telah lama dinanti dari kedua musisi game changer di panggung musik hip-hop Asia saat ini.

RAMENGVRL bercerita, “Ini adalah sebuah lagu yang berani sebagai sebuah penghormatan untuk Asia. Walaupun misi untuk “merepresentasikan Asia” mungkin sudah sering dilakukan sebelumnya, masih ada beberapa kawasan di Asia yang masih belum terlalu terlihat dibanding yang lain. Kolaborasi antara Yung Raja dan aku ini terjadi secara alami dan mulus karena kami berdua memiliki sentimen yang sama. Ada banyak referensi Asia dalam lirik lagu ini, dan Yung Raja membawa begitu banyak bumbu ke dalamnya. Aku benar-benar percaya bahwa ini akan menjadi anthem yang akan disukai orang-orang.”

Tentang kolaborasi ini, Yung Raja menambahkan, “Aku telah memimpikan kolaborasi seperti ini sejak lama, terutama dengan RAMENGVRL. ‘MING LING’ adalah lagu yang sangat istimewa dan aku tak sabar untuk membagikannya pada para pendengar musikku!”

Artwork RAMENGVRL – Ming Ling (feat. Yung Raja) foto : istimewa )

Dikenal lewat performa rap-nya yang prima dan style fashion-nya yang unik, RAMENGVRL telah menempatkan dirinya ke jajaran musisi-musisi Asia yang patut diperhitungkan berkat konsistensinya. Pada 2018 dan 2019 RAMENGVRL memenangkan Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik di ajang AMI Awards. Di ajang yang sama pada tahun 2021 ia berhasil membawa pulang piala untuk kategori Karya Produksi Rap/Hip-Hop Terbaik dan Kolaborasi Urban Terbaik. Sosok RAMENGVRL dinilai sebagai seorang pelopor di bidangnya, terbukti dengan titel “Future of Rap” industri musik Indonesia dari VICE. Setelah perilisan album perdananya, ‘Can’t Speak English’, RAMENGVRL juga masuk ke daftar 30-under-30 Forbes Indonesia. Hingga hari ini, RAMENGVRL telah mengumpulkan lebih dari 40 juta stream dari berbagai platform dan jumlah pendengar musiknya juga terus bertambah.

RAMENGVRL akan tampil di Kuala Lumpur, Malaysia di The Bee, Publika pada 19 Agustus mendatang. Temukan info lebih lanjut melalui tautan ini: thebee.ubertickets.my. Ia juga akan tampil di KV Fest (berbagi panggung dengan superstar Korea Selatan, Jessi) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta pada 28 Agustus.

 

Tentang RAMENGVRL

Indonesia dikenal dengan lalu lintasnya yang kacau, jajanan pinggir jalan yang lezat, pulau-pulau surgawi, dan sekarang RAMENGVRL dengan cepat menjadi salah satu ekspor musik terbesar dari Indonesia. Musisi hip-hop peraih berbagai penghargaan yang berasal dari Jakarta ini telah meraih pengakuan global dengan musiknya dan gayanya yang khas dan pertunjukan live yang memukau.

Sejak RAMENGVRL pertama kali muncul pada tahun 2018, lagu-lagunya telah mengumpulkan puluhan juta stream, dan menarik para tastemakers global termasuk VICE, NME, MTV, Hypebeast, Billboard dan tampil di berbagai panggung festival seperti We The Fest, Asian Sound Syndicate dan FLAVS. Pada tahun 2022 ia memimpin tur nasionalnya sendiri, menjadi pembuka untuk untuk EarthGang (USA), dan akan bergabung di KV Fest (bersama superstar Korea Selatan, Jessi) serta FLAVS, dan lebih banyak lagi tanggal-tanggal yang akan diumumkan.

Sebagai penanda dari pengaruhnya yang luar biasa, pada tahun 2021, Forbes memasukkannya ke dalam daftar 30 under 30 versi Indonesia, dan ia juga memenangkan empat AMI Awards untuk Rap/Hip Hop Song Of The Year (2018, 2019, 2021) dan Urban Collaboration Of The Year (2021). Baru-baru ini ia juga ikut ke dalam kampanye ‘EQUAL’ dari Spotify Global dan musiknya ditampilkan di soundtrack Need For Speed dan di seri hip-hop Netflix ‘Rhythm + Flow’.

Ia merilis album perdananya ‘Can’t Speak English’ melalui platform distribusi hip-hop ikonik dari Amerika, EMPIRE (Snoop Dogg, XXXTentacion), yang menampilkan single award-winning, “Vaselina”, dan lagu hit, “Look At Me Now”. Pada tahun 2021, RAMENGVRL menarik perhatian Warner Music. Ia kemudian menjadi musisi pertama yang bergabung dengan sub-label hip-hop label tersebut bernama Asiatic dalam sebuah kesepakatan yang bertaraf global.

Keahlian dan bakatnya tidak diragukan lagi, dengan berbagai hits seperti “CASHMERE”, “I Am Me” dan “I’m Da Man”, sejumlah lagu terbaru RAMENGVRL termasuk “FACTS” dan “Ain’t No MF” yang menampilkan musisi Korea Selatan, Ph-1, single melodik “Onto The Next”, dan sebuah kolaborasi bersama bintang pop dunia JVKE di versi remix single “this is what falling in love feels like”. Di setiap rilisannya, RAMENGVRL terus mendorong batasan yang ada dan menampilkan jangkauan musiknya yang luas dan membuktikan daya tarik global dan regionalnya.

RAMENGVRL telah menjadi musisi kolaborator yang paling dicari-cari saat ini. Ia telah mengantongi sederet kolaborasi internasional termasuk dengan musisi hip-hop ikonik asal Korea Selatan, Ph-1, Euro (Young Money Entertainment), Jarreau Vandal (Soulection) dan Yellow Claw. Ia juga telah berkolaborasi dengan sejumlah musisi besar Indonesia seperti Afgan, Marion Jola, Dipha Barus, Warren Hue, dan RAN.

Dilengkapi dengan lirik yang serba catchy dan basis penggemar yang berkembang pesat baik di dalam maupun luar negeri, RAMENGVRL telah berada di ambang ketenaran global. Nantikan beberapa kolaborasi menariknya yang akan datang, tur internasionalnya, dan perkembangan brand-nya sendiri ‘Going Noodles’, yang menunjukkan kepada dunia bagaimana ini barulah sebuah awal dari talentanya yang luar biasa.

Tentang Yung Raja

Musisi asal Singapura, Yung Raja, telah dijuluki sebagai musisi hip-hop bilingual avant-garde berikutnya di Asia Tenggara, yang dikenal dengan penyatuan selera budaya Barat dan Tamil dalam liriknya.

Yung Raja viral di Malaysia dan Singapura berkat single perdananya “Mustafa”. Single keduanya, “Mad Blessings”, menarik perhatian Lupe Fiasco dan M.I.A. dan merupakan lagu berbahasa Inggris-Tamil pertama yang diputar di stasiun radio berbahasa Melayu terkemuka di Malaysia, Era. Single ketiga Yung Raja “The Dance Song” menarik perhatian pencinta musik Singapura, Malaysia, dan India. Lagu tersebut mengumpulkan lebih dari 6 juta view melalui sebuah challenge di TikTok. Lewat tiga lagu ini, Yung Raja telah mengumpulkan lebih dari 3 juta stream di Spotify dan lebih dari 3 juta view di YouTube.

Dikenal lewat penampilan rap dalam bahasa Inggris-Tamil yang brilian, Yung Raja terus mengarungi industri musik dengan penampilan rap bilingual-nya yang mulus dan penggabungan referensi budaya yang berbeda sebagai perayaan akan semangat inklusivitas. Dinobatkan sebagai salah satu dari Top 100 essential emerging artists of 2021 versi NME, single Yung Raja “Spice Boy” memulai debutnya di chart Viral 50 Singapura & Malaysia di Spotify sehari setelah dirilis. Pada Juli 2021, “Mami” difitur di talk show Amerika Serikat ternama, The Tonight Show with Jimmy Fallon, yang membawa lagu “Mami” ke audiens global. Hanya dalam satu malam, jumlah stream lagu ini melonjak hingga mencapai setengah juta.

Lahir dan besar di Singapura, Yung Raja bertujuan untuk mengubah pandangan masyarakat di dalam dan di luar tanah airnya, menginspirasi generasi berikutnya, dan membawa hip-hop Asia Tenggara ke panggung dunia melalui musiknya. Pada tahun 2019, sang rapper bergabung dengan label musik Def Jam South East Asia. Ia setia dengan identitas kulturnya sambil terus menyuguhkan musik yang menginspirasinya selama ia tumbuh dewasa, dipadukan dengan nuansa musik tradisional India Selatan yang memungkinkannya mendobrak berbagai batas. Yung Raja terus bersinar terang seraya ia terus melangkah ke depan.

(SPR)

Related posts

Bintang K-Pop CL Rilis “Lover Like Me” Jelang Debut Album

Boleh Music

Ed Sheeran Duet Dengan Justin Bieber Di Lagu Baru “I Don’t Care”

Qenny Alyano

Rayakan Ultah Pernikahan, Glenn Fredly Dan Mutia Ayu Rilis “Itu Saja”

Qenny Alyano