October 3, 2022
Boleh Music
New Comers

Grup Vokal Putih Abu-Abu Debut EP ‘Tribute’ Untuk Melly Goeslaw

South Jakarta – Group vokal asal Cianjur, Putih Abu-Abu yang terbentuk di tahun 2017 mengeluarkan mini album (EP) perdana mereka yang bertajuk ‘Tribute’. EP perdana Putih Abu-Abu merupakan tribute kepada Melly Goeslaw dimana di dalamnya berisi 5 lagu ciptaan Melly yaitu “Bunda”, “Bimbang”,Butterfly”,Ayat-Ayat Cinta”, dan “Cinta”. 

Putih Abu-Abu membawakan lima lagu milik Melly Goeslaw dengan versi mereka sendiri. Kelima lagu dibalut dengan  gaya pop easy-listening dan aransemen yang sesuai dengan profil vokal masing-masing personil. ‘Cinta’ yang dirilis hari ini menjadi lagu terakhir yang masuk ke dalam EP sekaligus menjadi focusing track.

“EP ini bercerita tentang persahabatan yang sudah terjalin chemistry, saling support dalam suka dan duka. Tapi kemudian ada konflik. Mereka para sahabat harus berpihak pada siapa. Disini mengedukasi kaum muda dalam pertemanan, dimana banyak contoh persahabatan hancur seketika ketika ego masing masing muncul.”ujar Alma satu personil Putih Abu-Abu dalam siaran pers tertulisnya, Jumat, 19 Agustus 2022.

Diakui semua personil, tantangan dalam membawakan lagu yang sudah lebih dahulu terkenal hingga saat ini tidaklah mudah. Namun, mereka berhasil menjadikan lagu-lagu tersebut dengan ciri khas Putih Abu-Abu yaitu harmonisme suara masing-masing personil di tiap lagunya.

“Total pengerjaan sendiri hampir 1 tahun dari single pertama ‘Bunda’ yang rilis tahun 2021. Pengalamannya banyak banget dan menantang karena kami harus menyatu.”ujar Cheryl.

Putih Abu Abu ( foto : Warner Music Indonesia )

Intan personal lainnya menambahkan, “Dalam pembuatan EP ini bener-bener enggak boleh ada ego sendiri, belajar menghargai waktu dan orang lain.”

Karin, salah satu personilnya bercerita mengenai proses dibalik lagu ini hingga pembuatan video. Secara konsep mereka membuat lagu ini memiliki kaitan satu sama lain. “Garis besarnya tentang persahabatan kita berenam dengan bumbu-bumbu percintaan. Di single ‘Cinta’ ini merupakan penutup dari kisah video klip lagu -lagu sebelumnya. Kita semua memiliki peran dan berakting di tiap video klipnya.”ujar Karin.

Kalau aku tantangannya di berakting dari aku yang kadang suka lemot harus memerankan karakter yang menarik, happy dan easy going.”tambah Reikhansa. Sementara Taya mengatakan,”Di 2 single terakhir aku dituntut harus nangis, ini menjadi pengalaman juga buatku.”

Mereka berharap EP perdana dapat diterima dengan hangat oleh pendengar musik di Indonesia dan bisa terus melekat.”Harapannya walaupun kita recycle dengan genre yang sedikit berbeda tapi pendengar bisa ingat kalo lagu yang ini penyanyi nya itu Putih Abu-Abu.”ujar Alma.

EP Tribute sudah dapat diputar di seluruh digital streaming platforms  di Indonesia. Official Music Video  ‘Cinta’ juga tayang di kanal youtube Putih Abu-Abu. Selain lima lagu di EP, mereka juga telah remake beberapa single garapan Melly Goeslaw seperti  “Bagaikan Langit” dan “Mungkin” . ‘Bagaikan Langit’ memperoleh 74 juta views  di youtube. Sementara  ‘Mungkin’ mendapatkan 8.8 juta views.

Kolaborasi dengan Melly Goeslaw tidak hanya di lagu saja. Putih Abu-Abu juga membuat beragam konten bersama istri dari Anto Hoed itu. Salah satunya adalah ngobrol ‘Behind The Scene’ lagu-lagu ikonik Melly Goeslaw yang pernah di-remake oleh mereka. Konten lainnya seputar perjalanan karier Melly Goeslaw di industri musik, dan permainan bersama yang sudah bisa dinikmati di kanal YouTube Putih Abu-Abu.

Produktif Berkarya selain Bermusik 

Grup yang beranggotakan 6 anggota perempuan yang terbentuk di tahun 2017 saat mereka masih SMA ini terdiri dari Cheryll FS (Cheryll), Tiara Kamilah (Taya), Karina Amelia Putri (Karin), Alma Thania (Alma), Reikhansa (Rei), dan Neneng Intan (Intan). Saat ini akun youtube Putih Abu-Abu memiliki subscribers sebanyak 7 juta dengan total lebih dari 1.75 milyar views. 

Mereka juga dikenal sebagai cover version group dan Youtube Shorts Star karena video yang diunggah seringkali trending. Tahun lalu, keunikan konten Shorts yang berisi tebak-tebakan lagu hits Coldplay mendapatkan apresiasi dari Coldplay

Tidak hanya moncer di YouTube, kini Putih Abu-Abu juga terjun ke dunia seni peran. Keenam sahabat ini beradu acting di sebuah web series yang akan segera tayang. Web series yang terdiri dari beberapa episode ini akan bercerita seputar kehidupan anak sekolah dan juga turut menghadirkan artis-artis ibukota. Tidak hanya itu, mereka juga menjajal dunia podcast dimana obrolan ringan dan lucu khas generasi-Z akan menjadi bahasan. Seperti apa keasikan keenam perempuan asli Cianjur ini? Nantikan ya!

Putih Abu Abu ( foto : Warner Music Indonesia )

PUTIH ABU-ABU – TRIBUTE ALBUM INFO

Track Listing:

  1. Ayat-Ayat Cinta
  2. Bimbang
  3. Bunda
  4. Butterfly
  5. Cinta

Track info

  • Ayat-Ayat Cinta (release date, June 17, 2022)

‘Ayat-Ayat Cinta’ merupakan OST. Film yang berjudul sama dan tayang di bioskop pada tahun 2008.  Diciptakan oleh Melly Goeslaw, lagu ini pertama kali dibawakan oleh Rossa. Belasan tahun kemudian, Putih Abu-Abu berkesempatan untuk membawakan lagu ini versi mereka yang easy-listening.

  • Bimbang (release date, January 7, 2022)

Lagu ‘Bimbang’ merupakan salah satu karya ikonik dari Melly Goeslaw, yang menjadi original soundtrack dari film ‘Ada Apa Dengan Cinta’ rilis tahun 2002. Cover version ‘Bimbang’ yang diproduseri oleh LDR kali ini dibawakan dengan tempo lambat dan menggunakan instrumen yang minimalis. Lagu versi ini didominasi oleh petikan gitar akustik yang menyatu dengan gesekan senar biola.

  • Bunda (release date, October 29, 2021)

Lagu ini menjadi salah satu lagu paling populer di Indonesia; kerap diputar di radio dan televisi, juga di-remake oleh banyak penyanyi di Indonesia. Cover version Bunda yang diproduseri oleh LDR kali ini dibawakan dengan tempo lambat dan menggunakan instrumen yang minimalis. Didominasi dengan petikan gitar akustik suara para personil Putih Abu-Abu terdengar selaras.  

  • Butterfly (release date, March 11, 2022)

Butterfly” lagu ciptaan Melly Goeslaw di tahun 2007. “Butterfly” merupakan original soundtrack di film yang berjudul sama. Recycle lagu ‘Butterfly’ ini dibawakan dengan tempo lebih cepat dari lagu orisinilnya

  • Cinta (release date, August 19, 2022)

‘Cinta’ ciptaan Melly Goeslaw dibawakan bersama Krisdayanti yang menjadi OST film ‘Tentang Dia’ yang diputar di bioskop di tahun 2005. Di lagu ini, vokal personil PAA terdengar lebih dewasa dan matang karena aransemen musik yang megah membalut lagu.

Tentang Putih Abu-Abu

Putih Abu-Abu adalah grup kolaborasi kreatif antara mantan guru dan mantan siswi SMK di Cianjur, Jawa Barat. Personelnya terdiri atas Cheryll FS (Cheryll), Tiara Kamilah (Taya), Karina Amelia Putri (Karin), Alma Thania (Alma), Reikhansa Dinda Agnia, dan Neneng Intan (Intan). 

Putih Abu-Abu memulainya di YouTube. Mereka membuat video cover dan beberapa videonya sempat trending di YouTube. Hingga saat ini beberapa video cover mereka seperti “Bagaikan Langit” sudah ditonton 74 juta kali, “Dance Monkey” ditonton 40 juta kali, dan “Aisyah Istri Rasulullah” ditonton 19 juta kali. 

Popularitas pun didapatkan Putih Abu-Abu dengan lumayan cepat. Ditambah Putih Abu-Abu yang handal dan kreatif dalam membuat konten video dalam ragam format, mulai dari parodi, vlog, game dan kuis. Hampir semua konten Youtube Shorts yang dibuat Putih Abu-Abu selalu trending. Salah satu video Shorts Putih Abu-Abu bahkan sudah ditonton lebih dari 52 juta kali. Kanal YouTube Putih Abu-Abu juga mendapatkan penghargaan sebagai ‘Most Subscribers Gained Music Channel’ di acara Youtube Week Indonesia di tahun 2021. 

Kepopuleran grup ini semakin diperkuat dengan sederet penampilan mereka sebagai bintang tamu di program TV popular juga podcast youtube ternama antara lain ‘Closed The Door, Corbuzier Podcast’ oleh Deddy Corbuzier dan ‘Ini Bukan Talkshow oleh Sule’.

(SPR)

Related posts

Kolaborasi Mantra Vutura – Hindia Berlanjut Di Single “Percakapan Pt. 1”

Qenny Alyano

“Hilang” Single Berbahasa Indonesia Pertama Duara

Qenny Alyano

Belau Duo Elektronika Hungaria Rilis “DREAMSTATE Bersama AKACIA

Qenny Alyano