January 31, 2023
Boleh Music
New Comers

Terinspirasi Curhat Penggemar, Aviwkila Rilis Single “Hei Kamu”

South Jakarta – Sebuah single unik dirilis oleh salah satu duo yang tengah naik daun, Aviwkila. Duo yang terdiri dari sepasang suami istri Thana Ajeng Purishita dan Uki Diqie Sulaiman ini kembali menelurkan karyanya lewat single yang diberi judul “Hei Kamu”. Mengapa dikatakan unik? Karena lirik lagu ini ditulis berdasarkan curhatan keluh kesah hingga kisah bahagia dari para penggemarnya yang dirangkai oleh mereka untuk dijadikan sebuah lagu yang sangat indah dan sarat akan makna.

“Jadi, lagu ini awalnya diambil dari sebuah program bernama “Cerita Kamu” di media sosial TikTok kami yang dimulai pada Desember 2021 lalu. Program ini kami buat untuk siapa saja bisa menuliskan cerita apapun tentang keluh kesah atau kisah bahagia mereka. Nah, dari curhatan tersebut dibuatlah lagu yang akhirnya diberi judul “Hei Kamu” ini,” ujar Uki Diqie Sulaiman menceritakan tentang single tersebut.

Untuk cerita dari lagunya sendiri bisa dimaknai secara universal. Hal terpenting, lagunya bisa memberikan semangat bagi siapa saja yang mendengar, untuk lebih kuat apa pun dan bagaimanapun situasi kehidupan yang kamu hadapi.

“Lagunya tuh semacam dorongan untuk siapa saja agar lebih kuat dalam menjalani hidup, semacam mood booster untuk menjalani hari, dan tetap menatap esok yang akan menjadi lebih baik lagi. Penuh optimisme sih kurang lebih,” ujar Ajeng yang diamini Uki.

Single yang dirilis oleh Universal Music Indonesia ini tetap mengetengahkan warna musik pop ballad yang indah, dengan ditambah sedikit sentuhan folk pop yang terdengar nyaman di telinga. Aransemennya juga dibuat tidak ribet. Terkesan minimalis namun tetap terasa apik dengan suara instrumen gitar akustik yang menjadi senjata utamanya. Hadirnya suara string section dari violin membuat harmonisasi lagunya terdengar jadi lebih sempurna.

Aviwkila rilis single “Hei Kamu” ( foto : istimewa )

Konsep musik video

Untuk musik video, duo asal Malang, Jawa Timur ini kembali menggandeng Prialangga sebagai sutradara, dan Cici Aprilia yang bertindak sebagai produser. Musik videonya dapat ditonton lewat akun resmi YouTube/Vevo Aviwkila.

Konsep musik video yang diusung bercerita tentang seorang gadis bernama Dewi yang telah tumbuh menjadi gadis remaja yang tangguh, pintar, dan mandiri. Bahkan, Dewi bisa menggantikan peran sang ibu di rumah.

“Namun di ceritanya ini, sebenarnya Dewi itu merasakan kehilangan suasana kebersamaan yang dulu ia rasakan. Jadi ada rasa kesepian dan kehilangan yang dirasakannya, termasuk momen bersama dengan orangtuanya. Penyebabnya itu karena kedua orangtuanya memang sangat sibuk kerja meskipun sebenarnya apa yang dilakukan itu semua untuk dirinya,” tegas Uki tentang konsep musik videonya.

Untuk mood visual dan nuansa yang disajikan dalam musik video ini terkesan sangat deep. Sehingga bisa sangat menyentuh setiap rasa dari mereka yang menontonnya, juga menjadi relate tentang bagaimana berjuang dan membahagiakan dengan secukupnya.

Harapannya, dari single ini mereka yang mendengar dan menonton musik videonya dapat terkoneksi, sehingga akan tetap menjadi kuat terhadap situasi yang mereka hadapi. “Ini sangat touching banget sih, mudah-mudahan mampu mewakili mereka yang merasakan hal sama, dan tetap selalu semangat,” harap mereka berdua.

Artwork single “Hei Kamu” – Awkilla ( foto : istimewa )

Tentang Aviwkila

Duo Ajeng dan Uki mengawali karier mereka di industri musik Tanah Air melalui ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia di 2014. Saat itu mereka masih menggunakan 15econds sebagai nama duonya. Selepas ajang tersebut, pada 2015 nama 15econds diubah menjadi Aviwkila dengan pertimbangan lebih memiliki makna.  Aviwkila memiliki akar bahasa Avika dan Akila. Avika dalam Bahasa Sansekerta memiliki makna bercahaya dan juga karismatik. Sedangkan Akila dalam Bahasa Mesir memiliki makna pribadi yang cerdas. Bila digabungkan maka memiliki makna “pribadi yang berkharisma berkat kecerdasannya”.

Lewat nama Aviwkila, eksistensi mereka terus maju dan berkembang. Terbukti banyak single dan satu buah album sudah dirilis oleh pasangan suami istri ini sejak menginjakkan kakinya di industri musik dan hiburan. Ditambah lagi angka jutaan subscriber di YouTube yang menandakan konsistensi serta komitmen mereka lewat medium apapun demi memberikan atau menyajikan karya yang baik dan menginspirasi banyak orang.

Banyak prestasi dan raihan yang pernah dicapai oleh Aviwkila selama perjalanan kariernya. Di antaranya, mereka pernah viral saat membawakan lagu “Karna Su Sayang” di akhir 2018. Saat itu single tersebut sempat breaking chart nomor 1 di semua platform dan trending nomor 1 di YouTube Indonesia selama satu minggu.

Tidak hanya itu saja, single “Doa Untuk Kamu” menjadi lagu yang cukup viral di saat pandemi ini dengan meraih breaking chart di All Platform 10 Besar Indonesia. Dan, lewat lagu “I Like You So Much You’ll Know It” serta “Juni (You Will Always Gonna Be My Love)” mengantarkan Aviwkila mulai dikenal di wilayah Southeast Asia.

Selain sebagai penyanyi, Uki juga dikenal sebagai pencipta lagu yang andal. Terbukti dia pernah menulis dan menciptakan dua buah lagu untuk band Seventeen yang berjudul “Bukan Main-Main” dan “Menunggu Kamu”.

(SPR)

Related posts

PJ Morton Gandeng Kaleb J Rilis Remix “Please Don’t Walk Away”

Qenny Alyano

Duo Elektronik Bali Hotel Death Star Persembahkan “Generation”

Qenny Alyano

Musisi khai dreams Umumkan Debut Album ‘Absolute Heartbreak’ Rilis Awal 2023

Qenny Alyano