January 31, 2023
Boleh Music
What's New

Penyanyi Skotlandia Nina Nesbitt Luncurkan Album ‘Älskar’

South Jakarta – Musisi asal Skotlandia, Nina Nesbitt, akhir pekan lalu merilis album terbarunya, ‘Älskar’, melalui Cooking Vinyl. Nina baru-baru ini menjadi musisi pembuka dua konser stadium Coldplay di Glasgow, Skotlandia dan ia turut diajak Chris Martin untuk menyanyikan lagu “Let Somebody Go”.

Nina yang telah mengumpulkan lebih dari setengah MILIAR stream sebagai musisi independen, berbagi, “‘Älskar’ adalah sebuah karya tentang cinta dan segala bentuknya, baik itu dalam hubunganku dengan pasangan, keluarga, teman, ataupun diri sendiri. Aku sangat menyukai dinamika album ini. Album ini memiliki nuansa Swedia, karena aku berkolaborasi dengan banyak idolaku dari kancah dunia musik pop di sana. Tapi album ini juga memiliki elemen Skotlandia – tentang cerita dan legenda lokal – yang mempengaruhi separuh album ini.”

Seperti yang telah kita dengar dari sejumlah single sebelumnya seperti “When You Lose Someone” dan “Pressure Makes Diamonds”‘Älskar’ dengan penuh percaya diri mengalir secara effortless — mulai dari penulisan lagu yang penuh kejujuran dan emosi hingga nuansa pop modern yang memukau. Single andalan dari album ini, “I Should Be A Bird”, penuh dengan nuansa introspektif dan alunan melodi gitar akustik, cocok untuk menangani emosi rumit seseorang yang penuh empati dan berjuang menetapkan batasan ketika orang-orang yang dekat dengan dirinya sedang mengalami kesulitan. “Reaksi pertama aku adalah membantu mereka melewatinya, tetapi terkadang kita bisa memperburuk situasi dengan terlalu banyak ada di sana untuk mereka,” cerita Nina.

Single ini juga dirilis bersamaan dengan video klip yang direkam di alam indah terbuka di Brecon Beacon dan Wolf James.

Nina Nesbitt _ Photo Credit Natalie Sakstrup ( foto : istimewa )

Proses pembuatan album ini dimulai pada musim panas tahun 2019 ketika Nina pergi ke Swedia untuk mengunjungi neneknya. Di sina ia mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan berbagai talenta di industri musik Swedia seperti Elvira Anderfjärd (dikenal melalui remixnya untuk lagu-lagu Taylor Swift), Jack & Coke (Tove Lo, Carly Rae Jepsen). Dua latar belakang kultur keluarga Nina juga masuk dalam album ini. Lagu “Gaol” (Bahasa Scottish-Gaelic yang artinya ‘cinta’) adalah kumpulan rekaman suara dari para penggemar Nina yang berisi ucapan “Aku cinta kamu” dalam berbagai bahasa mulai dari Estonia sampai Korea, sedangkan lagu “Älskar” sendiri membawa nuansa musik khas Sigur Rós dan Aurora.

Ada banyak lagu baru yang dapat menarik perhatian para penggemar Nina di sepanjang album, termasuk lagu cinta hedonistik “Teenage Chemistry” dan “Limited Edition” dengan nuansa pop yang playful. Nina tidak terdengar ragu sama sekali untuk menghadapi berbagai masalah secara langsung. Seperti dalam lagu “Older Guys” di mana Nina menilai kembali apa arti cinta yang berbeda dengan pemahamannya dulu.

Nina menulis semua dari dua belas lagu yang ditampilkan di ‘Älskar’ dan juga mendapatkan kredit dari segi produksi musik. Kolaborator lain yang ikut memiliki andil di album ini termasuk berbagai penulis lagu papan atas seperti Dan Wilson (‘Someone Like You’ Adele) dan mixer peraih Grammy, Manon Grandjean (Stormzy, Dave).

Nina meraih sukses besar untuk albumnya di tahun 2019, ‘The Sun Will Come Up, The Seasons Will Change’ yang membawanya ke panggung musik global dan meraih pujian hangat dan dukungan dari Taylor Swift yang menyebut namanya di pidato kemenangan Taylor di acara Billboard Women in Music 2019.

Dengan fanbase yang terus bertumbuh di Asia, Top 10 Streaming Markets Nina di seluruh dunia kini termasuk Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Älskar Album Artwork ( foto : istimewa )

‘ÄLSKAR’ TRACK LIST

  1. Gaol
  2. Teenage Chemistry
  3. No Time (For My Life to Suck)
  4. Pressure Makes Diamonds
  5. Dinner Table
  6. When You Lose Someone
  7. I Should Be a Bird
  8. Colours Of You
  9. Limited Edition
  10. Older Guys
  11. Heirlooms
  12. Älskar

(SPR)

Related posts

Helloween Siap Rilis Album Baru Lepas MV “Skyfall”

Qenny Alyano

“Sunny Side Up Tropical Festival” Kembali Digelar Di Bali Agustus 2019

Qenny Alyano

Ada Katy Perry Di Video Musik Taylor Swift “You Need To Calm Down”

Qenny Alyano