November 29, 2022
Boleh Music
Event & Community

Festival Musik ‘Rock In Solo’ Kembali Digelar 30 Oktober 2022

South Jakarta – Kota Solo yang perlahan bergerak menjadi salah satu titik sentral di peta musik cadas nasional sejak tahun 2004 silam, kini siap menggeliatkan kembali gairahnya. Para dewan jenderal Rock In Solo memastikan diri bahwa ‘Rock In Solo’ akan digelar pada 30 Oktober 2022 di Benteng Vastenburg, Solo.

Setelah sempat hiatus cukup panjang, kembalinya Rock In Solo sudah bisa dirasakan gegap gempitanya semenjak acara Apokaliptika: A Journey of Rock In Solo, sebuah pertunjukan musik yang juga merupakan bagian dari semesta Rock In Solo dan menampilkan Down For Life bersama sederet talenta terbaik kota,  pada 18 Desember 2021 di Convention Hall Terminal Tirtonadi.

Langkah pemanasan ternyata tidak berhenti sampai di situ. Rock In Solo menyiapkan A Journey of Rock in Solo: Chapter, yang merupakan kickstart-show sebelum perhelatan utama dan digelar di 6 kota kabupaten eks Karisidenan Surakarta bersama band-band nasional, band asal Solo, serta emerging artist dari masing-masing daerah. A Journey of Rock in Solo: Chapter adalah langkah konkrit tentang regenerasi dengan melibatkan langsung para calon pemegang estafet semangat ini untuk turut berkontribusi.

 

Poster Rock In Solo Festival 2022 ( foto : istimewa )

A Journey of Rock in Solo: Chapter

18 September – Boyolali

Line up: Siraman Ndalem, Kid Monster, Last Blood, Metalic Ass

25 September – Wonogiri

Line up: Gendarong, Crashead, Nothing Was The Same, Vospison

2 Oktober – Sragen

Line up: Human Inslavement, Eden Adversary, Amorfati, Punitive

9 Oktober – Sukoharjo

Line up: Kintil Kibing, Spirit Of Life, Hellfreezed, Carnage

16 Oktober – Klaten/Delanggu

Line up: Sisi Selatan, Baladughal, Wafat, Antitesis

23 Oktober – Karanganyar

Line up: Gendhar Pecel, Barbershop.OI, Catwari, Pagar Betis

Rock In Solo 2022 berbenah diri dan mencoba menyajikan rangkaian seru yang belum pernah ada di festival-festival lain di Indonesia. Yang membedakan dari tahun-tahun sebelumnya, Rock In Solo 2022 akan dilangsungkan tidak hanya dalam satu atau dua hari, melainkan satu minggu penuh. Akan ada beberapa acara sampingan seperti Rockparade, Rockscreen, Rockinalle, Rockmarket dan Rockcon dengan puncak acara di hari terakhir adalah gelaran Rock In Solo Open Air 2022.

  • Rockparade merupakan pertunjukan musik di luar panggung utama Rock In Solo Open Air 2022 yang akan menjadi bagian dari rangkaian acara festival. Rockparade akan digelar di beberapa bar/café di Solo.
  • Kancah perfilman Indonesia dalam lima tahun terakhir cukup banyak dipenuhi oleh sinema musik, dari dokumenter band hingga acara. Di Rockscreen, film-film tersebut akan diputar dan bisa dinikmati baik oleh penggemar musik juga penonton umum.
  • Musik metal memiliki hubungan erat dengan seni visual, mulai dari artwork t-shirt, kover album sampai dekorasi panggung. Hal tersebut yang coba diangkat oleh Rock In Solo dengan mengadakan eksibisi seni Rockinalle di galeri seni Tumurun, Solo dengan menampilkan karya-karya dari para seniman musik cadas Indonesia.
  • Sudah bukan rahasia kalau penggemar musik metal adalah pembeli yang loyal dan royal. Sebelum acara puncak dimulai, para penggemar akan dimanjakan dengan Rockmarket yang berisi merchandise terbaik.
  • Hal baru yang coba ditawarkan oleh Rock In Solo adalah dengan mengadakan Rockcon, sebuah konferensi musik yang akan mendatangkan perwakilan dari festival musik dan label mancanegara serta perwakilan festival-festival musik rock dan metal dalam negeri.

Festival metal yang selalu sukses menghadirkan pertunjukan megah ini pernah menghadirkan nama-nama besar macam Carcass, Nile, Behemoth, Cannibal Corpse hingga Death Angel ke pesta mereka.

Sebagaimana perayaan yang sudah disiapkan dengan sedemikian matang, para dewan jenderal Rock In Solo tak main-main dalam urusan memilih pengisi acara. Legenda death metal dan salah satu yang tebesar dari kancah global, Suffocation, dan grup deathcore terpanas asal New Jersey, Amerika Serikat, Fit for an Autopsy sudah dipastikan mengisi tempat untuk menggempur ribuan metalhead di gelaran utama Rock In Solo Open Air 2022.

Sedangkan dari daftar penampil lokal, sejumlah nama kelas satu juga digandeng demi jaminan membaranya area moshpit. Beberapa yang sudah diumumkan adalah Navicula, the green grunge gentlemen asal Bali, Extreme Decay, mesin death metal yang terus merentet, Beside asal Bandung, komplotan grindcore legendaris kebanggaan Malang,  Serigala Malam, unit hardcore penendang bokong dari Yogya, Paranoid Despire serta MCPR yang ditunjuk selaku perwakilan tuan rumah, Pure Wrath sang pembawa kabut black metal, sampai monster hardcore paling tahan banting milik Surabaya, Fraud.

Sambil berjalannya waktu hingga menuju pelaksanaan, Rock In Solo juga masih akan mengumumkan banyak line-up tambahan yang tentunya tidak kalah keras, mumpuni, pula mencengangkan, dari dalam maupun luar negeri.

Bagi para penikmat musik keras yang telah menjadwalkan diri untuk hadir ke Rock In Solo Open Air 2022, tiket pertunjukan sudah mulai dijual dan dibanderol dengan harga Rp 172.500,- (pre-sale) melalui situs Loket.com.

Tahun 2015 tercatat menjadi edisi terakhir dari Rock In Solo. Kini, 7 tahun kemudian, kami memutuskan untuk kembali…. karena sejarah belum selesai ditulis!,” ujar mereka dengan tegas di akun Instagram @rockinsolofestival.

(SPR)

Related posts

Ultah Ke-23 NAGASWARA Suguhkan ‘DJ 9.9 Dancedhut Dhut’

Qenny Alyano

Dukung Bela Negara Ayu Azhari Luncurkan Album Kuliner

Qenny Alyano

Hindia X Lomba Sihir & Mantra Vutura Bersatu Untuk ‘Pentas Sihir’

Qenny Alyano