December 6, 2022
Boleh Music
Event & Community What's New

Digagas Eros Djarot ‘Bhinneka Music Festival’ Resmi Dibuka Dihadiri Mahfud MD

South Jakarta – Festival musik ‘Bhinneka Music Festival 2022’ resmi dibuka pada hari Rabu, 28 September 2022. Mengambil tempat di Gedung GBN Jl. Penjernihan Raya 1 Nomor 50 Bendungan Hilir Jakarta Pusat, festival ini akan digelar selama 3 hari mulai dari 28 sampai 30 September 2022. Sebelumnya festival ini telah mengkurasi karya dan penampilan musisi dan band secara online sejak dibuka pendaftaran 10 -30 Agustus 2022 lalu dengan band berbagai genre dan juga daerah di Indonesia hingga kemudian menghasilkan 33 band untuk tampil secara offline.  Untuk grand final ‘Bhinneka Music Festival 2022’ akan berlangsung pada 30 September 2022 mendatang. Para pemenang dari festival ini akan mendapatkan trophy dan uang tunai sebesari total Rp 38.880 juta.

‘Bhinneka Music Festival’ yang digagas oleh Gerakan Bhinneka Nasionalis, mempunyai misi dan tujuan memberikan wadah bagi para musisi tanah air untuk menampilkan karya genuine/karya sendiri lewat jalur festival, mengambangkan industri musik dalam negeri agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan  menyatukan musik dan nasionalisme menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Bhinneka Music Festival merupakan bagian dari kegiatan budaya Bhinneka Culture Festival yang juga menampilkan Bhinneka Muslim Fashion, Bhinneka Kartun Festival, Bhinneka Kopi Festival dan juga Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk. Acara Bhinneka Music Festival dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD menegaskan pentingnya budaya sebagai panglima kehidupan berbangsa saat ini,

“Kita sudah merdeka 77 tahun. Dulu kepanglimaan kita bernegara adalah politik namun terbukti gagal lalu muncul Orde Baru yang fokus ekonomi. Sudah itu ada krismon runtuh pula karena fundamental ekonominya tidak kuat. Sekarang ada usul bagaimana kalau ke depan kita mengpanglimakan budaya. Menjadikan budaya sebagai panglima kehidupan kita. Inilah relevansinya acara pada hari ini. Gerakan Bhinneka Nasionalis. Jadi kita dimunculkan bahwa kita itu punya budaya.”

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD juga memberi tanggapan tentang arti musik bagi kehidupan, “Tentang filsafat lagu, ada sebuah syair dari Kahlil Gibran yang kalau diartikan begini, ‘Berikan kepada saya sebuah seruling karena ingin bernyanyi. Kenapa kita harus bernyanyi ? Karena di dalam sebuah lagu itu ada pesan-pesan. Irama lagu itu akan tetap ada walaupun yang menyanyikan sudah mati. Jadi ada pesan kehidupan berdasarkan masa. Saya berharap kepada para musisi, karena di dalam lagu itu ada pesan kehidupan maka ciptakanlah pesan-pesan yang menggambarkan keluhuran budaya kita. Pesan-pesan yang menggambarkan kebersatuan kita. Pesan-pesan yang menggambarkan kebaganggan kita.”

Ketua GBN Eros Djarot, Menkopolhukam Mahfud MD dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat pembukaan Bhinneka Culture Festival ( foto :QB )

 

Senada dengan Mahfud MD, Eros Djarot selaku Ketua Umum Gerakan Bhinneka Nasionalis (GBN) dan juga penggagas Bhinneka Culture Fest dan Bhinneka Music Fest mengungkapkan tentang festival musik ini, “Gerakan Bhinneka Nasionalis ini gerakan kebudayaan, salah satu dari ekspresi budaya itu seni, kesenian musik, tari dan sebagainya. Nah ini, festival musik indie ini, musisi selama COVID kan, gak punya ruang ya, nah untuk itu kita bukalah. Kita pilih 30 sampai 35 band. Tujuannya paling tidak anak-anak ini diberikan ruang berkreasi lah. Syaratnya harus membawakan lagu ciptaan sendiri dan satu lagu daerah yang mereka rubah aransemennya. Untuk mereka yang bagus-bagus, di sana ada studio ya, kita suruh mereka rekaman, kita rekam semua, kita pilih, kita berikan kesempatan mereka. Paling gak mereka berkreasi lah.”

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga menyaksikan beberapa band yang tampil hari itu, juga menunujukkan apresiasi kepada para musisi yang ikut dalam kompetisi tersebut. Hal ini juga ditunjukkan dengan menyanyikan lagu band legendaris God Bless. “Rumah Kita”,  bersama salah satu band yang tampil.

Salah satu band yang tampil di Bhinneka Music Festival ( foto :QB )

 

Daftar band yang berkompetisi di Bhinneka Music Festival ( foto :QB )

Related posts

Legenda Musik Rock & Roll Little Richard Meninggal Dunia Di Usia 87

Qenny Alyano

Katy Perry Lepas Single “Smile” Siap Rilis Album Baru Agustus Mendatang

Qenny Alyano

Merayakan 30 Tahun Album ‘Nevermind’ Nirvana Akhir Minggu Ini

Qenny Alyano