January 27, 2023
Boleh Music
Musicology

KunciPlay Aplikasi Musik NFT Pertama di Indonesia Resmi Diluncurkan

South Jakarta – Di tengah maraknya bermunculan banyak  platform musik digital baru, sebuah angin segar untuk industri musik tanah air telah hadir. sebuah aplikasi musik pertama yang menggunakan NFT (Non Fungible Token) dengan nama KunciPlay telah resmi diluncurkan. KunciPlay yang digagas oleh Kunci Rumah Entertainmant merupakan digital platform musik yang memiliki konsep dan sistem berbeda dengan plaform digital musik lainnya yang telah hadir saat ini.

Berawal dari keresahan para musisi akan industri musik Indonesia tentang hak kekayaan intelektual hingga transparansi royalti sebuah karya, Ifan Seventen mnecoba memberikan solusi untuk para musisi melalui perusahaan yang fokus pada industri musik dengan komunitas digital dan NFT Musik. KunciPLay sendiri dibuat khusus untuk para musisk yang merilis NFT musiknya di Kunci Rumah Entertainment selaku penggagas aplikasi ini, Karya atau lagu yang berada dalam KunciPlay sangat bersifat eksklusifdan tidak bisa didengarkan atau dipuatar di platform yang sejenis.

Dalam acara soft launching KunciPlay di kantor Kunci Rumah Entertainment di bilangan Kemang, Jakarta, pada hari Jumat, 11 November 2022, Riefian Fajarsyah atau lebih dikenal dengan nama Ifan ‘Seventeen’ selaku Direktur Utama Kunci Entertainment yang menghadirkan KunciPlay mengungkapkan,

“Saya jelaskan di sini kita bukan musik label. Kita adalah perusahaan yang memfasilitasi musisi untuk berbisnis secara normal, berbisnis secara fair dan berbisnis secara transparan. Kita punya 5 studio recording besar dengan standar alat internasional dimana kita juga mempunyai 5 orang produser. Kita langsung, ‘direct’, cut off mediator. Kita juga punya konseptor dimana nanti musisi bisa konser tunggal secara gratis tanpa modal. Keuntungannya kita sharing profit. Salah satunya yang kita launching hari ini adalah KunciPlay”.

Press Conference Soft Launching KunciPlay di bilangan Kemang Jakarta ( foto : QB )

 

“Jadi KunciPlay adalah digital streaming platform seperti yang udah ada. Cuma Indonesia itu adalaha negara yang diberikan CPM (biaya per 1000 pemutaran ) terkecil. Mungkin di luar sana banyak musisi berteriak soal royalti. Jadi kita ‘fight back’ dengan cara yang benar menurutku, kita fight back dengan cara kita sendiri, yaitu kita membuat sebuah ekosistem baru untuk industri musik Indonesia. Ada beberapa musisi yang udah progress kontrak ke kita. Jadi lagu itu hanya akan diputar di KunciPlay dimana royaltinya sangat jelas, reportnya ada di dashboard, akan update tiap hari, transparan, jadi tidak akan ada manipulasi, tidak akan ada double contract, tidak akan ada double pembukuan. Itu yang kami pengen sebagai musisi, sebuah keadilan. New era of music industry. Harapannya ini akan jadi rumah untuk semua musisi” tambah Ifan.

Sementara Satrio ‘Alexa’ yang menjadi produser di KunciPlay juga menjelaskan, “Saya bergabung dengan KunciPlay karena bisa mewujudukan sistem yang luar biasa menurut saya. Kita harus mengikuti teknologi yang ada jadi terciptalah ini, Saya harus menjaga dari kualitasnya, dari sistem yang diberikan. Kita harus make sure studio yang kita bikin yang terbaik di Indonesia dan kita gratis berikan untuk seniman yang berkarya di kita.”

Meskipun MusikPlay memberikan rekaman dan produksi musik gratis, namun untuk hak kepemilikan master tetap menjadi hak milik dari artis atau musisi. “Kepemilikan master licence dari lagu yang kita rekam 100 persen punya musisi. Itu tidak akan berubah.Saat ini kita hanya akan merekam karya single dari setiap artis belum ke album” tutup Ifan.

Ke depannya, Kunci Rumah Entertainment tidak hanya akan membuat aplikasi untuk audio saja namun juga akan meluncrukan aplikasi untuk audio visual termasuk video.

Related posts

Simak 10 Album Hard Rock Dan Metal Terlaris Di Amerika Serikat

Angga Foster

Gismart Luncurkan Program Kerja Sama Dengan Musisi ‘Games For Artists’

Qenny Alyano

Universal Music Group Jalin Kerja Sama Strategis Dengan Tik Tok

Qenny Alyano