January 27, 2023
Boleh Music
Musicology

Simak 8 Lagu Resmi Piala Dunia Qatar 2022

South Jakarta – Piala Dunia (World Cup) meruapakan salah satu acara olahraga terbesar di dunia, yang tahun ini dibuka mulai 20 November 2022 di Qatar. Seperti yang telah menjadi tradisi selama bertahun-tahun, sejumlah lagu terpilih menjadi soundtrack acara sepak bola di mana 32 tim — mewakili berbagai negara — berpartisipasi dan, pada akhirnya, satu dimahkotai sebagai juara Piala Dunia.

Lagu-lagu seperti “Cup of Life” dari Ricky Martin, lagu resmi acara tahun 1998 yang diadakan di Prancis, dan “Waka Waka (This Time for Africa)”  dari Shakira untuk Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan telah menjadi lagu kebangsaan sepak bola. Tidak hanya itu, lagu-lagu tersebut juga masuk  di tangga lagu Billboard pada tahun tersebut. “Waka Waka” mencapai di No. 38 di Billboard Hot 100 tanggal 3 Juli 2010, sementara “Cup of Life” Martin yang euforia memuncak di No. 45 di Hot 100 pada tahun 1998.

Pada bulan April, Asosiasi Sepak Bola Dunia, FIFA mengumumkan single pertama berjudul “Hayya Hayya (Better Together)” menjadi  soundtrack resmi Piala Dunia 2022. Lagu yang membangkitkan semangat, menampilkan musisi Trinidad Cardona, Davido dan Aisha, memadukan pengaruh R&B dan reggae. Empat bulan kemudian, federasi sepak bola merilis lagu kedua dari soundtrack berjudul “Arhbo”, dengan bintang Latin Ozuna dan rapper Kongo Gims. “Arhbo” adalah kata slang lokal untuk “selamat datang” di Qatar dan berasal dari kata Arab “Marhaba.” Untuk pertama kalinya, soundtrack turnamen akan menampilkan koleksi multi-lagu, dengan artis internasional “menampilkan beragam genre musik yang menjangkau dunia, mengatur nada untuk perayaan yang benar-benar global. Seperti halnya penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang menjadi penyelenggaraan termahal selama digelar, sejumlah lagu juga menjadi soundtrack resmi dalam gelaran tahun ini.

Berikut adalah 8 lagu yang menjadi lagu resmi Piala Dunia 2022.

Single kedua yang dirilis dari soundtrack resmi adalah “Arhbo” dari Ozuna dan Gims, yang memulai debutnya selama musim panas. Arhbo adalah kata slang lokal untuk “selamat datang” di Qatar, dan berasal dari kata Arab “Marhaba.” “Saya pikir ‘Bienvenidos,’ ‘selamat datang di rumah’ mengatakan itu semua,” kata bintang Puerto Rico itu dalam sebuah pernyataan. “Perjalanan apa pun yang dilalui semua orang, itu membawa mereka ke sini, ke saat ini, dan untuk saat itu mereka ada di rumah. Mereka mengatakan bahwa ‘rumah adalah di mana hati berada’, bukan? El hogar está donde está el corazón. Untuk semua orang yang datang, dan semua orang yang, dengan sepenuh hati, ingin datang, kami mengucapkan, ‘bienvenidos,’ selamat datang di rumah!”

Musisi Sebastián Yatra mengajak artis asal Maroko, Nouamane Belaiachi untuk kolaborasi di single  “Ulayeh”, sebuah kolaborasi Spanyol-Arab tepat pada saat Piala Dunia. Lagu motivasi menemukan kedua artis bernyanyi tentang memberikan segalanya, bahkan ketika dunia meragukan Anda.

Dibawakan oleh supergrup asal Meksiko, Los Bukis, yang bersatu kembali tahun lalu setelah bubar pada tahun 1996, mengeluarkan lagu Piala Dunia mereka sendiri berjudul “Vamos a Qatar.” Dengan Meksiko sebagai salah satu negara yang berpartisipasi dalam acara tersebut, lagu Los Bukis menyemangati tim dengan lagu yang membangkitkan semangat ini. “Kami sangat senang menjadi bagian dari jalan menuju Piala Dunia yang sangat dinantikan ini,” tulis mereka di media sosial. “Mari kita semua menikmati pesta besar ini bersama-sama.”

Lagu ini merupakan kolaborasi  yang menampilkan penyanyi asal Uni Emirat Arab, Balqees, sensasi berdarah Maroko-Kanada, Nora Fatehi, superstar asal Irak, Rahma Riad dan penyanyi-penulis lagu pemenang penghargaan,  Manal, yang berasal dari Maroko. Lagu ini adalah lagu terbaru dari soundtrack resmi FIFA. “’Light the Sky’ memberitahu kita untuk ‘berteriak jika kamu bersamaku’ dan menghidupkan semangat perayaan bersama Piala Dunia FIFA – sebuah pesan yang memberi semangat saat kami menantikan turnamen pertama yang mengubah permainan,” Eksekutif FIFA Entertainment dan produser lagu RedOne berkata. “Ini adalah lagu inspirasional yang berakar kuat di Timur Tengah. Juga sepatutnya wasit wanita pertama di Piala Dunia FIFA menjadi bagian dari rilis ini yang akan terhubung dengan pecinta sepak bola dan musik dari segala usia.”

6. The World Is Yours to Take – Lil Baby x Tears for Fears

Dalam lagu ini terdapat sampel tahun 1980-an milik grup musik Tears For Fears memukul “Everybody Wants to Rule the World”. Rapper asal Amaerika,  Lil Baby membawakan “The World is Yours to Take”, yang dirilis pada bulan September. “Ini tentang perjalanan yang telah kita lalui selama beberapa tahun terakhir dan merayakan apa yang akan terjadi selanjutnya,” kata Lil Baby. “Ketika saya mulai bermusik pada tahun 2017, saya mewujudkan mimpi yang membawa saya ke tempat saya sekarang, dan itulah yang saya ingin para penggemar rasakan ketika mereka mendengar lagu itu. Saya harap itu membuat Anda merasa seperti sedang berjalan ke lapangan di Piala Dunia, bergerak menuju impian Anda sendiri, apa pun artinya bagi Anda.

7. “Tukoh Taka” – Nicki Minaj, Maluma and Myriam Fares

Diluncurkan beberapa hari sebelum penyelenggaraan Piala Dunia, “Tukoh Taka” menampilkan penyanyi asal Trinidad, Nicki Minaj bersama Maluma dari Kolombia dan Myriam Fares dari Lebanon. Sebuah lagu yang “menggabungkan tiga suara musik ikonik dari seluruh dunia”, itu mewakili “inklusivitas permainan,” kata FIFA.

8. “Dreamers” – Jungkook

Lagu ini dibawakan oleh personil boyband asal Korea Selatan BTS, Jungkook. Video klip lagu “Dreamers” juga akan dirilis di YouTube resmi FIFA pada 22 November. Lagu ini akan bergabung dengan lagu OST Piala Dunia 2022 lainnya, seperti Tukoh Taka yang dinyanyikan Nicki Minaj, Maluma, dan Myriam Fares, serta lagu “Hayya Hayya (Better Together)” oleh Davido, Trinidad Cardona, dan Aisha.

Related posts

Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2022

Qenny Alyano

Dasar-dasar Membaca Tabulasi Gitar

Angga Foster

Raisa Terpilih Jadi JOOX Artist of The Month Maret 2022

Qenny Alyano