January 27, 2023
Boleh Music
What's New

Kolaborasi St. Loco dan Jakarta Blackwork Lepas MV Baru “NAKL”

South Jakarta – Setelah sukses menggelar konser perayaan 20 tahun ‘A Journey Back HOME pada Senin (21/11), unit hip metalcore asal Jakarta St. Loco siap luncurkan ‘peluru’ barunya di  blantika musik Indonesia melalui video klip “NAKL” yang akan dirilis eksklusif dengan performance St. Loco di Big Brother, Kemang, Jakarta Selatan pada 30 November 2022. “NAKL” sendiri baru diciptakan pada Juli 2022, tepatnya saat St. Loco sedang mengaransemen ulang repertoar materi lagu untuk perform. Berbicara tentang seseorang yang memiliki akal sehat untuk membangun karakter hidupnya masing-masing dengan cara out of the box, “NAKL” hadir dengan nuansa berbeda dari single pendahulunya, “NAKAL (Naluri Kualitas Akal)”.

“Ternyata lagu NAKAL yang dahulu menjadi keren, lalu tercetuslah ide untuk rilis ulang lagu ini dengan judul NAKL,” terang Iwan Hoediarto.

Berbeda dari versi lama, di single ini St. Loco menggandeng Tim Distorsi sebagai produser dan Asido Sigit untuk co-producer. Selain itu, NAKL kini lebih menampilkan verse dengan nada serta lirik berbeda bernuansa elektronik dan distorsi lebih menyayat. Single anyar St. Loco ini juga terinspirasi oleh beberapa elemen musik dari Metallica, BMTH, Skrillex, Steve Aoki, LANDMAVRK hingga Architects. Melalui single “NAKL”, St. Loco percaya bahwa setiap orang mempunyai beragam talenta yang diciptakan sang Pencipta. Menurut Iwan, jangan pernah malu atas apa yang kita kerjakan asal hal tersebut benar. Vokalis St. Loco dengan karakter rap, Beery pun menambahkan jika lagu NAKL menjadi sebuah entitas positif namun juga dapat menjadi sesuatu yang bisa menghancurkan.

“Nakal adalah sifat atau perilaku unik dari seorang individu, jika diarahkan atau dikembangkanmenjadi sebuah entitas positif. Bisa juga menjadi kekuatan yang menghancurkan. Sama seperti free will, semua keputusan ada di tangan kita, ingin menjadi seperti apa di masa depan, itulah naluri kualitas akal atau yang disingkat menjadi NAKL,” imbuh Beery.

Kolaborasi St. Loco dan Jakarta Blackwork ( foto : istimewa )

 

Kolaborasi St. Loco dan Jakarta Blackwork

Dalam penggarapan video klip NAKL, St. Loco berkolaborasi dengan Jakarta Blackwork (JKTBW) dan mengusung sinergi bertemakan ‘Kami Terlahir Berbeda dan Beri Warna Dunia’ yang diambil dari potongan lirik di dalam single “NAKL”.

“Makna ‘Kami Terlahir Berbeda dan Beri Warna Dunia’ adalah pengingat bahwa perbedaanlah yang memberikan hidup ini lebih bermakna. Karena dari perbedaan itu kita bisa mengisi satusama lain. Tujuannya lebih mengingatkan bahwa perbedaan itu indah,” ujar Gilbert.

Selain masih di dalam satu skena yang sama, ide awal di dalam kolaborasi mereka berasal dari Jakarta Blackwork dan memiliki tujuan untuk merepresentasikan street culture di lintas bidang, baik di bidang musik dan lifestyle yang terlahir di ibukota Jakarta.

“Kami berkolaborasi dengan JBW karena mereka memiliki warna, image, serta jati diri yang kuat sebagai personal atau komunitas dalam berbagai skena. JBW rupanya juga bertumbuh sepanjang era bermusik St. Loco, mereka juga menjadikan musik St. Loco sebagai inspirasi ketika berkarya,” terang Tius.

Refal, sang tattoo artist JBW menambahkan, bagi mereka, St. Loco memiliki kesamaan dengan JBW yakni memiliki semangat dan gairah ‘pergerakan’ dalam berkarya serta mengubah paradigma masyarakat tentang tattoo. Di mana, masih banyak masyarakat menilai jika anak muda bertato tidak memiliki masa depan yang cerah. Padahal, banyak anak muda yang memiliki tattoo sukses di berbagai bidang.

“Kami ingin memberikan spirit kepada anak muda, bahwa peluang besar bisa lahir dari manasaja dan dalam kondisi apa saja,” imbuh  Refal.

Kolaborasi kedua punggawa ini akan hadir dalam bentuk video klip yang akan ditayangkan melalui kanal YouTube resmi St. Loco pada 30 November 2022. Tidak ketinggalan juga, artwork kece NAKL yang didesain oleh JBW juga akan dikeluarkan dalam bentuk merchandise (t-shirt, long sleeve) dan dapat dibeli secara offline di Big Brothers, Kemang pada Rabu (30/11) dan online melalui Tokopedia.

Sekadar informasi, setelah dirilisnya video klip NAKL yang akan dikemas dalam format dokumenter, tidak lama berselang single “NAKL” akan tersedia di layanan musik digital Spotify pada Jumat, 2 Desember 2022.

St. Loco ( foto : QB )

 

Tentang Saint Loco
Saint Loco merupakan unit hip metalcore Jakarta yang dibentuk pada 20 September 2002 lalu. Band yang digawangi oleh Dimas (vokal), Beery (vokal rap), Webster (drums), Gilbert (bass), Iwan (gitar) dan Tius (DJ) ini telah merilis tiga album yakni ‘Rock Upon A Time’ (2004), ‘Vision for Transition’ (2006), hingga ‘Momentum’ (2012). Band yang identik dengan menyuarakan kedamaian dalam lirik lagunya ini juga sempat merilis beberapa single seperti “Santai Saja” (2009), “Time to Rock N Roll” (2011), “Rebel” (2011), “Tentang Kita” (2012), “Di Balik Pintu Istana” (2015), “Bebas feat. Iwa K” (2016), dan “NAKAL-Naluri Kualitas Akal” (2019).

 

Tentang Jakarta Blackwork
Jakarta Blackwork adalah studio tatto kenamaan di bilangan Mampang, Jakarta Selatan. Studio tato ini eksis sejak tahun 2014 dan dipunggawai oleh Edison Kaban (owner dan tattoo artist) serta Refaldo Timoti Bawuna (tattoo artist). Saat ini, Jakarta Blackwork memiliki 8 resident tattoo artist dan 2 assistant staff. Selain studio tato, Jakarta Blackwork juga menjadi wadah berbagai macam pelaku seni budaya populer, seperti mural artist, graffiti artist, musisi, fashion enthusiast, sineas perfilman, dan lain sebagainya.

Narasumber :
1. Seluruh personel Saint Loco
● Dimas (vokal)
● Beery (vokal rap)
● Webster (drum)
● Gilbert (bass)
● Iwan (gitar)
● Tius (DJ)
2. Dwi Cahyana (Manager St. Loco)
3. Refal (Refaldo Timoti Bawuna): Tattoo Artist JKT BW

(SPR)

Related posts

Papa T Bob Pencipta Lagu Anak Indonesia Meninggal Dunia

Qenny Alyano

Justin Bieber Kisahkan Dirinya Dalam “Lonely” Bersama Benny Blanco

Qenny Alyano

Sukses Tampil Di Glastonbury 2019 Babymetal Siap Rilis Album Baru ‘Metal Galaxy’

Qenny Alyano