January 27, 2023
Boleh Music
What's New

A-ha Rilis MV “True North” Beserta Film Dokumenter

South Jakarta – Grup musik asal Norwegia, A-ha, melepas single dan video musik baru “True North”. Lagu ini merupakan single keempat dari album studio kesebelas A-ha yang dirilis pada 21 Oktober 2022 lalu oleh RCA dan Sony Music. Sebelumnya dari album ‘True North’, A-ha telah melepas single “I’m In”, “You Have What It Takes” dan “As If”. Album ‘True North’ disertai dengan film berjudul sama yang menampilkan band merekam album selama November 2021 di Bodø, Norwegia.

Dalam keterangannya gitaris A-ha, Paul Waaktaar-Savoy mengatakan tentang proyek tersebut: “Pertama, kami memiliki ide untuk merekam sesi studio secara langsung. Kemudian, memfilmkan sesi studio. Itu berkembang menjadi produksi dengan orkestra Norwegia, Arctic Philharmonic, yang mana kami telah berkolaborasi.”

Sementara dalam keterangannya melalui website resmi A-ha mengungkapkan, “90 km di atas Lingkaran Arktik, a-ha milik Norwegia merekam koleksi musik pertama mereka sejak Cast in Steel tahun 2015. “True North adalah surat dari a-ha, dari Lingkaran Arktik, puisi dari ujung utara Norwegia,” kata Magne Furuholmen. Didampingi oleh sebuah film, koleksi konseptual menggabungkan visi band dan bakat orkestra Norwegia, Arctic Philharmonic, untuk menjalin narasi yang menunjukkan hubungan kolektif kita dengan lingkungan. Dalam sketsa berulang, film multidimensi mengikuti alur naratif ini melalui aktor yang menggambarkan kehidupan di Utara serta mendokumentasikan rekaman musik Magne, Morten dan Paul selama dua hari di Bodø, Norwegia. Ini adalah rilis unik dari a-ha, pengalaman multimedia dengan narasi yang kuat”.

 

Konsep rekaman album dan film yang menyertainya terinspirasi dari ‘Western Stars’ karya Bruce Springsteen (2019) dimana personil A-ha Magne Furuholmen ingin membuat versi Norwegia Bintang Barat dan menyebut proyek itu sebagai “surat musik dari negara asal kita” dan menggambarkan tema album sebagai “alam dan lingkungan”.

A-ha dibentuk di Oslo, Norwegia pada tahun 1982  oleh Paul Waaktaar-Savoy (gitar dan vokal), Magne Furuholmen (keyboard, gitar dan vokal), dan Morten Harket (vokal utama), band ini menjadi terkenal selama pertengahan 1980-an .

A-ha mencapai kesuksesan terbesar mereka dengan album debut mereka ‘Hunting High and Low’ pada tahun 1985. Album ini mencapai puncak di nomor satu di negara asal mereka Norwegia, nomor dua di Inggris, dan nomor 15 di tangga album Billboard Amerika; menghasilkan dua single nomor satu internasional: “Take On Me” dan “The Sun Always Shines on T.V.”; dan membuat band mendapatkan nominasi Grammy Award untuk Artis Baru Terbaik.

Di Inggris, ‘Hunting High and Low’ melanjutkan kesuksesan tangga lagunya ke tahun berikutnya, menjadi salah satu album terlaris tahun 1986.[Band ini merilis album studio pada tahun 1986, 1988, dan 1990, dengan single hits termasuk “Hunting High and Low”, “The Living Daylights”, “Stay on These Roads”, dan “Crying in the Rain”. Pada tahun 1994, setelah album studio kelima mereka, ‘Memorial Beach’ (1993), gagal mencapai kesuksesan komersial dari album mereka sebelumnya, dan kemudian  band memutuskan vakum.

Berikut daftar lagu album ‘True North’ – A-ha

1. “I’m In”
2. “Hunter in the Hills”
3. “As If”
4. “Between the Halo and the Horn”
5. “True North”
6. “Bumblebee”
7. “Forest for the Trees”
8. “Bluest of Blue”
9. “Make Me Understand”
10. “You Have What It Takes”
11. “Summer Rain”
12. “Oh My Word”

Related posts

The Swinging Terror Hadirkan David Bayu Rilis “I Call You”

Qenny Alyano

Cokelat Umumkan Nama Aiu Ratna Sebagai Vokalis Tetap Terbaru

Qenny Alyano

NIKI Ajak Nostalgia Cinta Pertama Dengan “High School in Jakarta”

Qenny Alyano