June 6, 2023
Boleh Music
New Comers

Dari Bengkulu Tropical Flower Lepas Single “Beranda Rumahmu”

South Jakarta – Bengkulu belum meninggalkan jejak yang kuat dalam perjalanan musik populer negeri ini. Sulit sekali menjawab pertanyaan tentang siapa talenta musik yang identik dengan kota atau provinsi sebelah Barat pulau Sumatera itu, padahal kehidupan bermusik tidak pernah padam di Bumi Raflesia.

Salah satu talenta paling menarik adalah unit musik bernama Tropical Flower, yang merilis singel baru bertajuk “Beranda Rumahmu” pada 17 Maret 2023 lewat kerja samanya dengan distributor musik asal ibu kota, demajors.

Tropical Flower merupakan kendaraan musik seorang Agus Wijaya Hadi sejak 2008. Agus, yang hariannya bekerja sebagai seorang pegawai, kerap dibantu oleh beberapa rekannya untuk tampil secara live di seputaran kota Bengkulu.

Pada 2010 Tropical Flower merilis singel pertama berjudul “Purnama”, yang kemudian masuk ke dalam album kompilasi talenta musik baru pulau Sumatera bertajuk Jong Sumateranen Bond, rilisan Purapura Records, sebuah label rekaman asal Jakarta.

Agus kemudian mengajak Gustu Fardian, menghasilkan sebuah album mini berisi 5 lagu pada 2013. Rilisan compact disc tersebut dilepas secara mandiri, dipasarkan umumnya ke teman-teman dekat.

Artwork “Beranda Rumahmu” – Tropical Flower ( foto : istimewa )

 

Singel “Beranda Rumahmu” merupakan bagian dari sesi rekaman Tropical Flower di Kanamusik Studio, Bandung pada 2019-2020, di mana Agus ditemani oleh dua personil yang baru direkrutnya di sana; Angga Aurora yang bermain kontrabas, dan Fadly Doel Surbakti pada alat tiup.

Menyusul dua singel sebelumnya dari sesi yang sama; “Antara Bandung dan Bengkulu” (2021) dan “Mawar” (2022), “Beranda Rumahmu” juga menampilkan sensasi nostalgia pop Indonesia paska kemerdekaan dengan kesederhanaannya yang bersahaja.

“Tentang keseharian sebagai orang Indonesia yang pernah tinggal di berbagai tempat dan wilayah perkampungan di Nusantara. Memori yang melekat sejak kecil, sebelum hadirnya teknologi modern,” jelas Agus.

Artwork singel dikerjakan oleh seorang ilustrator muda berbakat asal Sumatera Barat, Hanif Hamdani. Video lirik, yang sudah tersedia di YouTube, dibesut oleh Rakhmat Alfian.

Singel “Beranda Rumahmu” dari Tropical Flower dapat didengarkan di seluruh digital streaming platform mulai 17 Maret 2023.

(SPR)

Related posts

Band Punk Korea RUMKICKS Gelar Tur 6 Kota di Indonesia

Qenny Alyano

Indra Dinda Angkat Tema Hubungan Dua Pasangan Di Single “Penenangku”

Boleh Music

Penyanyi Baru Abeliano Luncurkan Debut Single “Now That You’re Gone”

Qenny Alyano